Dishub Sumsel Siapkan Posko Lebaran

Red: Taufik Rachman

Kamis 19 Jul 2012 14:43 WIB

Ribuan pemudik bermotor antre masuk ke dalam kapal di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Ahad (4/9). Puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju pelabuhan Merak, Banten, terjadi Ahad. Foto: Republika/Agung Supriyanto Ribuan pemudik bermotor antre masuk ke dalam kapal di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Ahad (4/9). Puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju pelabuhan Merak, Banten, terjadi Ahad.

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumatera Selatan akan menyiapkan posko mudik tujuh hari sebelum dan sesudah lebaran.

"Rencananya akan disiapkan 21 posko ditambah dengan yang ada di luar terminal," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumsel H Sarimuda di Palembang, Kamis.

Posko tersebut akan disiagakan terutama di setiap pintu masuk Provinsi Sumsel atau perbatasan serta di seluruh kabupaten dan kota.

Dia mengatakan, selain menyiapkan posko lebaran 2012, pihaknya juga akan menambah rambu lalu lintas baik di jalan provinsi maupun jalan nasional. "Ini untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di jalan selama ini," ujar dia.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan memprioritaskan angkutan kebutuhan melewati jalan lintas Sumatera termasuk penyeberangan. "Jadi, menjelang lebaran nanti angkutan yang diprioritaskan melewati jalan lintas Sumatera dan penyeberangan adalah angkutan yang membawa kebutuhan pokok, sementara barang lainnya akan dilarang untuk sementara," katanya.

Angkutan material akan dihentikan karena bahan pokok menjadi kebutuhan utama masyarakat selama Ramadhan dan menjelang lebaran. "Hal itu dilakukan untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pokok selama Ramadhan dan Idul Fitri," kata dia.

Terpopuler