Pasokan Pangan di Padang Aman Jelang Puasa

Red: Hafidz Muftisany

Selasa 17 Jul 2012 09:50 WIB

Sembako di pasar tradisional (Ilustrasi) Foto: infogress.com Sembako di pasar tradisional (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memastikan ketersediaan pangan di daerah itu mencukupi menjelang Ramadhan 1433 hijriah serta menjamin tidak akan terjadi kelangkaan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena pemerintah telah mengantisipasi dan menjamin ketersediaan pangan mencukupi," kata Irwan di Padang, Selasa (17/7)

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan guna mencegah terjadinya kelanggkaan pangan menjelang Ramadhan.

Terkait kemungkinan kenaikan harga khususnya pada beberapa kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng dan cabai, ia mengatakan jika terjadi kenaikan harga, hal tersebut merupakan mekanisme pasar yang tak mungkin dihindari.

"Menjelang Ramadhan permintaan terhadap beras, minyak goreng dan cabai meningkat, sesuai hukum pasar maka otomatis harga akan naik," katanya.

Menurutnya, pemerintah tidak dapat membatasi kenaikan harga tersebut mengingat hal itu merupakan mekanisme pasar. "Yang dapat dilakukan adalah mengupayakan tidak terjadi kelangkaan sehingga kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi," katanya.

Terpopuler