Arus Balik Motor Masih Ramai di Arteri Karawang

Red: Stevy Maradona

Senin 05 Sep 2011 21:57 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG-- Jalan arteri Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menuju arah Jakarta dan sekitarnya masih ramai dilintasi pemudik arus balik bersepeda motor pada H+5 lebaran 2011, Senin.

Kompol Purwanto, seorang petugas dari Polres Karawang, mengatakan sejak Sabtu (3/9) pemudik balik bersepeda motor sudah cukup banyak yang melintas dari jalur Pantura ke jalan arteri Karawang menuju Jakarta.

Sepanjang Senin sore hingga malam, kendaraan pemudik balik bersepeda motor dari jalur Pantura ke jalan arteri Karawang, menuju arah Jakarta dan sekitarnya cukup ramai. Tetapi kondisi arus lalu lintas di sepanjang jalan itu tetap lancar.

Kepadatan kendaraan roda dua hanya terjadi di beberapa titik jalan raya, seperti selepas jalan layang Cikampek, wilayah Purwasari, Kosambi, Klari, Karawang Timur, dan beberapa titik lainnya yang terdapat samator atau titik pemutar arah pengendara.

 

Terjadinya kepadatan kendaraan di sejumlah titik tersebut akibat adanya pasar tumpah, angkutan kota (angkot) yang menunggu penumpang, aktivitas Terminal Klari, banyaknya pengendara yang memutar arah, serta akibat masih adanya jalan rusak seperti yang terjadi di jalan raya Purwasari.

Pada titik jalan rusak, pemudik balik bersepeda motor menuju Jakarta itu berjalan pelan, guna menghindari titik lubang pada jalan itu. Kondisi itu membuat penumpukan kendaraan sampai akhirnya terjadi kepadatan kendaraan sepeda motor.

Akibat masih banyaknya pemudik balik bersepeda motor yang melintas dari jalur Pantura mengakibatkan jalan arteri Karawang didominasi kendaraan roda dua, dibandingkan dengan kendaraan pribadi dan jika dibandingkan dengan jenis kendaraan lainnya.