Jarak Tempuh Pangandaran-Garut 11 Jam

Red: Krisman Purwoko

Senin 05 Sep 2011 07:41 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT--Jarak tempuh kendaraan sepeda motor dari Kecamatan Pangandaran melewati jalur alternatif Cimaragas, Kabupaten Ciamis hingga Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada H+4 arus balik Lebaran 2011 mencapai 11 jam. "Saya berangkat pakai motor dari Pangandaran pukul 09.00 WIB pagi, sampai Garut sekarang pukul 20.00 WIB," kata Arun (40) salah seorang pengendara sepeda motor saat ditemui dilokasi peristirahatan Limbangan, Garut, Minggu (4/9) malam.

Menurut dia, apabila menggunakan jalan utama melintasi Ciamis Kota, dan tidak dialihkan oleh petugas kepolisian di wilayah Kota Banjar ke jalur alternatif Cimaragas tentu tidak akan terlalu lama menuju Garut dengan mengendarai sepeda motor. Namun pihak kepolisian di Kota Banjar tetap mengalihkan pemudik sepeda motor untuk melewati jalur alternatif Cimaragas hingga akhirnya jarak tempuh lebih jauh dibandingkan lewat Ciamis.

Alasan petugas kepolisian mengalihkan kendaraan sepeda motor maupun mobil ke Cimaragas, dijelaskan Arun karena di kawasan Ciamis kendaraan sudah terlalu padat. Lamanya perjalanan dari Pangandaran menuju Garut, kata Arun, karena terjebak di beberapa titik kemacetan wilayah Cimaragas dan Kota Tasikmalaya, kemudian Rajapolah hingga Ciawi.

Padahal, menurut dia, jarak tempuh Pangandaran hingga Garut menggunakan sepeda motor melewati jalur Ciamis kota dapat dicapai kurang lebih enam jam. "Jadi di jalur Cimaragas itu penuh, kemudian macet memasuki Ciawi, setelah Ciawi lancar," katanya.

Ia menambahkan, usai melewati kawasan Ciawi perlintasan rel kereta api-tanjakan Gentong-Malangbong hingga sampai di wilayah Limbangan situasi arus lalu lintas ramai lancar. "Pokoknya sebelum Ciawi perlintasan kereta api tadi setelah Maghrib padat sekali, setelah lewat itu sampai ke Limbangan lancar," katanya.

Pengendara sepeda motor lainnya, Hari (25) saat beristirahat di Limbangan mengatakan, dari arah perbatasan Ciamis kemudian memasuki Tasikamalaya situasi di jalan raya padat merayap, terutama di kawasan Ciawi. Jarak tempuh dari perbatasan daerah Kabupaten Ciamis-Tasikmalaya hingga ke Limbangan sampai tiga jam, padahal biasaya dapat ditempuh kurang lebih dua jam menggunakan sepeda motor.

"Lumayan lama di wilayah Ciawinya, setelah itu tidak ada hambatan, lumayan lancar sampai ke Limbangan," kata Hari warga Cilacap yang akan kembali ke Jakarta untuk bekerja pada Senin ini.