Sukabumi Arah Jakarta Dialihkan ke Jonggol, Puncak Arus Balik Malam Ini

Red: Stevy Maradona

Ahad 04 Sep 2011 19:39 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI-- Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi Kota mengalihkan kendaraan yang menuju Jakarta dari Kota Sukabumi ke Jonggol, Kabupaten Bogor menuju Cianjur karena arus kendaraan pada H+4 arus balik Lebaran 2011 menuju kedua daerah tersebut macet.

"Kami sudah memberikan imbauan yang bekerja sama dengan Polsek-Polsek sekitar agar kendaraan yang menuju Jakarta dan sekitarnya atau menuju barat agar melalui Jonggol, karena arus lalu lintas dari Sukabumi-Ciawi macet parah," kata Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Asep Saepudin kepada wartawan, di Sukabumi, Minggu.

Ia menjelaskan, pengarahan ini dilakukan agar tidak terjadi kemacetan panjang di jalur utama menuju Jakarta seperti di Cisaat sampai Cicurug bahkan Ciawi, Bogor. Karena itu, pihaknya mengimbau agar melalui jalur Jonggol. "Kami lakukan untuk menghindari kemacetan panjang di jalur penghubung Sukabumi-Ciawi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Polres Sukabumi Kota, Kompol Sumarta Setiadi mengatakan, untuk menghindari kemacetan panjang di pusat Kota Sukabumi dan arah barat pihaknya mengimbau wisatawan yang dari arah Palabuhanratu agar melalui jalur alternatif lain.

 

"Kendaraan dari arah Palabuhanratu menuju pusat Kota Sukabumi padat maka dari itu kami mengimbau kepada wisatawan agar melalui jalur alternatif," tambahnya.

Sampai saat ini dari koordinasi pihaknya, di daerah Cikembar yang merupakan daerah utama menuju Palabuhanratu macet karena banyaknya kendaraan yang keluar masuk dari Palabuhanratu. Pihaknya memperkirakan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada Minggu malam ini.