Kota Bukit Indah, Tempat Istirahat Favorit Pemudik Motor

Rep: c19/ Red: taufik rachman

Sabtu 03 Sep 2011 19:36 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,PURWAKARTA--Kawasan Kota Bukit Indah, di wilayah Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu lokasi faforit para pemudik bersepedamotor yang ingin beristirahat setelah menempuh perjalanan jarak jauh dengan sepedamotor.

Di kawasan ini, para pemudik bersepedamotor yang ingin sejenak menghilangkan penat dapat menikmati suasana hutan dengan rerimbunan pohon lebat. Di sepanjang gerbang menuju kawasan ini juga banyak terdapat penjual musiman, yang dapat dijumpai hanya pada arus balik dan mudik Lebaran.

Mulai dari penjual oleh- oleh khas --seperti kerupuk pasir dan peyeum-- di kawasan ini juga banyak pernjual minuman segar serta aneka minuman buah buah segar dan kelapa muda. Menurut para pemudik kepada Republika Online, lokasi ini cocok untuk melepas lelah dan dahaga.

Budi Rochmat (37), pemudik asal Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mengaku kawasan Kota Bukit Indah ini menjadi tempat peristirahatan ke limanya. "Ini tempat yang pas untuk ngaso sebelum melanjutkan perjalanan ke Bekasi," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Eko (28), pemudik asal Pekalongan yang akan kembali ke Jakarta. Menurutnya di kawasan ini ia bisa memanfaatkan istirahat memulihkan stamina, sebelum menuju Jakarta. "Banyak pilihan minuman segar untuk melepas dahaga," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di kawasan ini, sepanjang Sabtu siang hingga sore hari, rombongan ratusan para pemudik --secara bergelombang-- tampak beristirahat. Umumnya mereka merupakan pemudik bermotor yang akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta, melalui Dawuhan- Karawang- Bekasi dan seterusnya.