Kelebihan Penumpang Pemicu Kecelakaan Mobil Saipul Jamil

Rep: c25/ Red: taufik rachman

Sabtu 03 Sep 2011 17:02 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,CIMAHI -- Kecelakaan yang menewaskan istri pedangdut Saipul Jamil diperkirakan sebagai kecelakaan tunggal. Kondisi kendaraan dan lokasi kejadian menjadi pemicu terjadinya peristiwa tersebut.

Kepala Polres Purwakarta, AKBP Bachtiar Ujang Purnama, mengungkapkan dari fakta-fakta yang ditemukan di lapangan menunjukkan kecelakaan tersebut lebih berat disebabkan oleh kesalahan manusia.

Mobil Avanza yang maksimal hanya bisa menampung sekitar delapan penumpang diisi hingga sepuluh orang. "Hal tersebut akan mengakibatkan kondisikendaraan tidak stabil," ungkapnya ketika dihubungi Republika, Sabtu (3/9).

Selain itu lokasi kejadian yang kondisinya merupakan turunan dan belokan memperparah ketidakstabilan kendaraan. Apalagi kalau kendaraan dilajukan dengan kecepatan tinggi. Namun Bachtiar menambahkan kecelakaan ini masih dalam proses penyelidikan dan olah TKP.

Bachtiar menghimbau kepada para pemudik untuk sangat berhati-hati dalam melakukan perjalanan. Hal pertama yang harus diingat oleh pemudik adalah kondisi pengemudi harus fit, sehat, dan paham akan kondisi kendaraan.

Ia juga harus memahami jalur dan tidak memaksakan diri untuk mengendarakan kendaraan apabila kelelahan. "Saya berkali-kali menghimbau kepada masyarakan untuk tidak mengemudi di saat mengantuk dan lelah. Itu sangat berbahaya," tegasnya.

Selain itu pemudik juga wajib mengedepankan keamanan agar perjalanan berjalan dengan lancar.