Arus Balik Mulai Padati Stasiun Pasar Senen

Rep: C04/ Red: taufik rachman

Sabtu 03 Sep 2011 16:45 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Geliat jumlah penumpang di Stasiun Senen, Jakarta Pusat yang kembali menuju Jakarta dari berbagai daerah mulai terlihat. Dari data PT KAI, hingga Sabtu (3/9), pukul 12.00 siang sudah ada 20 kereta dengan 6.028 penumpang yang masuk.

Meski belum begitu melonjak secara signifikan, jumlah ini dikatakan Wakil Kepala Stasiun Senen, Wahyudin memang meningkat dari jumlah penumpang pada arus balik hari kemarin, Jumat (2/9). Kembali Masuknya sebagian pemudik yang bekerja di Jakarta, pada hari Senin (5/9) membuat lonjakan arus balik diperkirakan meningkat pada hari ini (3/9) dan besok Minggu (4/9).

Saat ditemui Republika di Stasiun Senen, Wahyudin, pun mengakui jika hal tersebut memang menjadi salah satu faktor pendukung terjadinya puncak arus balik, lebaran tahun ini. "Kalau untuk hari ini, saya melihat penumpang yang turun di Stasiun Senen hanya berkisar 40 persen dari jumlah kuota yang ditetapkan," tuturnya.

Jumlah tersebut diakui Wahyudin memang tak bisa menjadi penentu arus balik yang sesungguhnya karena banyak juga penumpang diperkirakan turun di beberapa stasiun sebelum Stasiun Senen. "Banyak juga yang turun di Stasiun Bekasi dan Jatinegara, atau Stasiun-stasiun lain sebelum Senen," ujarnya.

Terpopuler