Obyek Wisata Yogya Dipadati Pengunjung

Rep: Yulianingsih/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 15:48 WIB

Pantai Parangtritis Foto: www.mediajurnalindonesia.com Pantai Parangtritis

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA - Beberapa obyek wisata di Kota Yogyakarta sejak Kamis (1/9) lalu hingga Jumat (2/9) ini terus dipadati pengunjung. Bahkan di obyek wisata Pantai Parangtritis, antrean kendaraan menuju pantai tersebut mencapai satu kilometer dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR). Di Taman Pintar Yogyakarta dan Kebun Raya Kebun Binatang (KRKB) Gembiraloka, pengunjung sudah memadati dua lokasi wisata tersebut sejak pagi hari.

Menurut Petugas TPR Parangtritis, Waluyo, antrean kendaraan menuju pantai tersebut mulai terlihat mengular pukul 09.30 WIB. "Lebaran pertama sudah mulai ramai dan terus meningkat hingga H+2 kali ini," terangnya.

Akibatnya banyaknya antrean kendaraan menuju pantai tersebut, petugas dari Polres Bantul dan Polsek Kretek mengalihkan jalur pulang dari pantai tersebut. Jalur masuk ke Parangtritis hanya satu arah, sedangkann jalur keluar dialihkan memutar mengelilingi pantai hingga Pantai Depok Bantul. "Ini untuk mengurangi kemacetan," terang Waluyo.

Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembiraloka juga sudah kebanjiran pengunjung sejak Lebaran tanggal 30 Agustus lalu.  Menurut Humas KRKB Gembiraloka, Suharti, pada  lebaran 30 Agustus, jumlah pengunjung ke obyek wisata itu mencapai 5.000 orang. Sedangkan pada lebaran tanggal 31 Agustus, jumlah pengunjung sudah mencapai 10.000 orang.

"Jumlahnya kita prediksikan terus meningkat hingga puncaknya Ahad (4/9) mendatang," terangnya. Jumlah itu meningkat signifikan dibandingkan jumlah pengunjung pada hari biasa yang hanya mencapai 4.000 orang setiap harinya.

Sementara, pengelola Taman Pintar Yogyakarta menargetkan mendapatkan 8.000 orang pengunjung selama libur lebaran 2011. Sejak Selasa (30/8) lalu, obyek wisata yang berada di pusat kota tersebut dikunjungi rata-rata 2.500 orang perhari. “Pada lebaran hari pertama (30/8) kemarin dan Rabu (31/8), kami hanya buka setengah hari mulai siang hingga sore,” tandas Kepala Taman Pintar, Ita Rustanti.

Taman pintar tercatat saat ini memiliki 20 wahana dengan 250 alat peraga. Untuk memudahkan pengunjung menikmati wahana yang tersedia, Manajemen Taman Pintar menyiapkan 30 orang pemandu pada libur lebaran kali ini.

Terpopuler