Tiket Kereta ke Jakarta Ludes

Rep: C06/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 13:46 WIB

Stasiun Poncol Semarang Foto: www.skyscrapercity.com Stasiun Poncol Semarang

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG - Tiket kereta api tujuan Jakarta telah habis terjual pada Jumat (2/9). Tidak hanya kelas ekonomi, kelas bisnis dan eksekutif juga habis hingga tanggal 9 September atau H+9.

Di Stasiun Poncol Semarang, kereta ekonomi Tawang Jaya jurusan Poncol-Senen sudah habis untuk tanggal 2 dan 3 September. Sedang, KA Kaligung Bisnis tujuan Poncol-Tegal-Slawi juga habis terjual.

Petugas jaga Stasiun Poncol, Untung Riyanto, mengatakan bahwa PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih menyediakan kereta cadangan untuk menampung penumpang yang tidak dapat tiket. "Kereta cadangan rencananya akan dioperasikan hingga tanggal 11 September," ujarnya.

Untuk kereta cadangan, penumpang tidak dapat memesan tiket jauh hari sebelumnya. Penumpang dapat membeli tiket beberapa jam saja sebelum waktu keberangkatan. Jadi, penumpang langsung membeli tiket dan langsung naik ke kereta.

Untuk Jumat (2/9) ini, kereta tambahan tujuan Jakarta akan berangkat pukul 21.30. Sedang, penumpang dapat memesan tiket sejak pukul 20.00.

PT KAI tidak mencantumkan nomor tempat duduk untuk calon penumpang kereta cadangan ini, Untung memperkirakan semua penumpang akan berebut tempat duduk.

Meski demikian, tiket kereta cadangan akan mencantumkan nomor gerbong. Jadi, penumpang harus masuk sesuai nomor gerbong yang tertera di tiket. "Tiap gerbong diberi batas maksimal 150 penumpang," ujarnya.

Terpopuler