Cianjur-Ciawi Satu Arah Padat Lancar

Rep: C24/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 13:17 WIB

Kemacetan jalur puncak Foto: www.budibach.com Kemacetan jalur puncak

REPUBLIKA.CO.ID,CISARUA - Laju arus kendaraan dari arah Ciawi menuju Cianjur terpantau padat lancar. Pihak kepolisian tengah memberlakukan sistem satu arah sejak Jumat (2/9) siang ini.

Laju kecepatan kendaraan berkisar antara 40 sampai 60 kilometer perj am. Sebelum diberlakukan sistem satu arah, sempat terjadi penyendatan arus kendaraan. Kecepatan kendaraan hanya berkisar antara 10 sampai 20 kilometer per jam. Penyedatan bahkan menimbulkan kepadatan mulai dari Simpang Gadok hingga ke Mega Mendung.

Pihak kepolisian hingga saat ini sudah memberlakukan sistem satu arah sebanyak dua kali. Sistem satu arah pertama diprioritaskan dari arah Cianjur ke Ciawi pada jam delapan. Sedangkan, yang kedua diprioritaskan untuk kendaraan yang mengarah dari Ciawi ke Cianjur sekitar jam setengah sebelas.

Sementara itu, jumlah volume kendaraan sendiri masih normal. Belum ada peningkatan signifikan.

Peningkatan kendaraan diperkirakan baru akan terjadi  pada sore hingga malam hari nanti. Sedangkan, puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (3/9) dan Ahad (4/9).

Berdasarkan catatan terakhir di Pos Pengamanan Ketupat Lodaya 2011 Cisarua, total jumlah volume kendaraan yang melintas dari arah Ciawi menuju Cianjur sebanyak 44.090 unit. Jumlah tersebut dengan rincian 30.072 unit kendaraan bermotor dan 14.018 unit mobil. Untuk volume total kendaraan dari arah Cianjur menuju Ciawi, jumlahnya mencapai sebanyak 40.512 unit dengan rincian 30.300 unit kendaraan roda dua dan 10.212 unit kendaraan roda empat.

Terpopuler