Jalur Cijapati tidak Disarankan Dilalui Malam Hari

Rep: c02/ Red: Krisman Purwoko

Jumat 02 Sep 2011 09:28 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT--Jalur alternatif Limbangan-Leles dialihkan. Bagi pengemudi yang berasal dari Garut menuju Bandung dan melalui jalur ini harus memutar kendaraannya ke arah Kecamatan Banyuresmi karena jalur ini dijadikan jalur dua arah. Pengemudi tidak dapat menyeberang ke arah Bandung karena padatnya kendaraan dari arah jalur utama Garut.

Jalur alternatif Cijapati juga tidak ladi diprioritaskan bagi pemudik yang menuju Bandung. Kepala Polres Bandung AKBP Sony Sonjaya mengatakan sarana transportasi di daerah tersebut tidak memungkinkan. "Penerangannya kurang, jadi tidak ladi disarankan," ujarnya kepada Republika ketika memantau arus mudik di pos pengamanan di Pasar Leles, Kamis malam (1/9).

Di pertigaan menuju Cijapati kemacetan arah ke Bandung baru terurai. Namun kemacetan dari arah Nagreg masih mengular. Di jalur alternatif Cijapati sendiri antrian mobil terlihat cukup panjang menunggu instruksi dari polisi lalu lintas yang mengatur agar mereka dapat memasuki barisan menuju Garut.

Leles merupakan pusat pertemuan dua arus, arus mudik dan arus balik. Sony mengungkapkan kemacetan ini disebabkan dua hal tersebut. Selain itu juga disebabkan oleh pengendara bermotor jarak dekat yang ingin bersilaturahmi.

Pengamanan di wilayah ini merupakan kerja sama antara Polres Bandung dan Polres Garut. Hal ini disebabkan wilayah tersebut merupakan perbatasan Garut-Bandung yang sering terjadi kemacetan. 

Terpopuler