Penumpang Arus Balik Belum Tampak di Bakauheni

Red: Krisman Purwoko

Kamis 01 Sep 2011 23:12 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,BAKAUHENI--Penumpang arus balik belum tampak di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada hari kedua hari raya Idul Fitri 1432 Hijriyah. Manajer Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Kamis mengatakan, penumpang yang masih mengalir sekarang ini hanya penumpang jarak dekat itu pun jumlahnya sedikit.

Dia mengatakan, penumpang arus balik di perkirakan akan mulai berdatangan besok, Jumat (2/9), namun jumlahnya belum padat namun akan terus meningkat hingga H+7 nanti. "Puncak arus balik akan terjadi pada H-3 bertepatan dengan akhir pekan," katanya.

Menurut keterangannya, penumpang di pelabuhan tesebut saat belum meningkat, karena hingga saat ini masih normal yang datang dari Terminal Induk Rajabasa Kota Bandarlampung. Kemudian, penumpang kendaraan juga masih cukup sepi baik kendaraa roda dua, roda empat bus penumpang dan truk berbgai jenis dari Pulau Sumatera menuju Jawa.

Heru memperkirakan, lonjakan arus balik akan terjadi pada H+3 mendatang bertepatan dengan akhir pekan dan penumpang akan meningkat lebih banyak dibandingkan dengan arus musik lalu. Menurutnya, penumpang arus balik memang cenderung lebih besar karena sebagian pemudik kembali ke tempatnya bekerja di Pulau Jawa dengan membawa saudaranya.

 

Ia menyatakan, siap melancarkan penyeberangan penumpang arus balik di pelabuhan tersebut karena saat arus mudik penumpang didominasi dari Pulau Jawa menuju Sumatera namun pada arus balik ini lebih banyak dari Sumatera menuju Jawa. "Kami akan memberikan layanan optimal saat arus balik ini agar berjalan lancar tanpa ada penumpukan penumpang dan kendaraan di pelabuhan," imbuhnya.

Sementara itu Perwira Jaga Adminitrator Pelabuhan Bakauheni, Khatilik, mengatakan kapal roll on roll off (Ro-ro) yang beroperasi melayani penyebeberangan seperti saat normal yakni sekitar 19 kapal dengan 80 trip per hari. Kemudian, semua dermaga beroperasi optimal namun untuk dermaga IV dan V menyesuaikan dengan kedatangan kapal di pelabuhan tersebut.