Keren... Visual Udara Sangat Membantu Pantauan Arus Mudik

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Sadly Rachman

Kamis 01 Sep 2011 14:58 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA--Kegemaran bermain pesawat aeromodeling, kini tak lagi sebatas pada urusan hobi. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, kegemaran ini juga bisa dimanfaatkan pada bidang lain yang lebih luas. Setidaknya inilah yang dilakukan sekelompok penggemar aeromodeling asal Jakarta, yang  tergabung dalam Air Inovasi Indonesia. Mereka menggabungkan unsur aeromodeling dengan pencitraan visual udara.

Sehari- hari wadah ini banyak menggeluti dunia Air Advertising, Arial Photography serta pemetaan udara. Pada arus mudik Lebaran kali ini, mereka kembali melakukan inovasi dengan membuat video/foto udara seputar situasi arus lalulintas di titik-titik kemacetan. Salah satunya di kawasan pintu Tol Jakarta- Cikampek, wilayah Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kepada Republika Online hasil video udara ini tak sekedar diinformasikan bagi kalangan komunitas aeromodeling.

Namun hasil, video maupun foto ini juga disajikan sebagai informasi bagi masyarakat luas. Informasi seputar situasi lalulintas ini dapat diakses melalui jejaring sosial hingga ruang informasi lainnya.

Menurut salah seorang anggota Air Inovasi Indonesia, R Darmawan, pihaknya telah memodifikasi pesawat aeromodeling dengan memasang kamera video maupun kamera foto di setiap pesawat aeromodeling prototipe helikopter, pesawat glider maupun balon zepplin.

Kamera ini telah diseting dan dihubungkan dengan piranti monitor di lokasi pengendalian pesawat. Sehingga pencitraan dari pesawat aeromodeling yang diterbangkan bisa dimonitor dari bawah untuk selanjutnya diedit dan disajikan dalam bentuk informasi.

Dengan informasi realtime ini diharapkan akan bermanfaat bagi masyarakat yang akan menggunakan jalur mudik tersebut. Harapannya informasi ini akan banyak membantu dalam kelancaran berlalulintas.