Ribuan Pengunjung Mulai Padati Pelabuhan Ratu

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Didi Purwadi

Kamis 01 Sep 2011 12:07 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI - Ribuan pengunjung mulai memadati objek wisata pantai Pelabunan Ratu, Kabupaten Suabumi, Kamis (1/9). Mereka tidak hanya datang dari Sukabumi, melainkan dari luar daerah seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, dan Bandung.

‘’Setelah silaturahim lebaran, warga mulai  berdatangan ke Pelabuhan Ratu,’’ terang Wakil Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Pelabuhan Ratu, Yanyan Nuryanto, kepada Republika. Pengunjung diantaranya memadati objek wisata di Pantai Karangsari, Kebon Kalapa, Citepus, Karanghau, dan Karangnaya.

Yanyan mengungkapkan bahwa jumlah pengunjung yang ada di Palabuhanratu pada H+2 sekitar 800 orang. Jumlah tersebut akan bertambah hingga ribuan orang pada siang hari. Karena, masih ada ratusan pengunjung lainnya yang dalam perjalanan.

Menurut Yanyan, jumlah pengunjung akan mencapai puncaknya pada Sabtu (3/9) dan Ahad (4/9). Pasalnya, pada hari tersebut banyak wisatawan yang menghabiskan liburan lebarannya di Pelabuhan Ratu.

Selama libur lebaran, Balawista menerjunkan sebanyak 74 personel untuk mengamankan keselamatan pengunjung. Mereka di sebar di sebanyak 12 pos pengamanan yang tersebar mulai dari Palabuhanratu hingga Cibangban.

Luasan penjagaan pantai cukup panjang mencapai sekitar 17 kilometer. Selai Balawista, penjagaan pantai dilakukan pula Polisi Perairan (Polair) Palabuhanratu dan badan search and rescue daerah (Basarda).

Terpopuler