Kursi Kapal Batam Terisi 60 Persen

Red: Didi Purwadi

Kamis 01 Sep 2011 07:50 WIB

Seorang anak kelelahan bersama dengan ribuan pemudik bermotor lainnya saat antre untuk masuk ke Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (28/8). Foto: Republika/Agung Supriyanto Seorang anak kelelahan bersama dengan ribuan pemudik bermotor lainnya saat antre untuk masuk ke Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (28/8).

REPUBLIKA.CO.ID,BATAM - Pelabuhan Domestik Sekupang Batam, Provinsi Kepulauan Riau, lengang saat Lebaran 1432 Hijriah. Rata-rata kapal hanya mengangkut penumpang 60 persen dari kapasitas.

"Pelabuhan cenderung lengang. Kapal yang berangkat pada Rabu (31/8) kemarin hanya 19 trip. Setiap kapal terisi sekitar 60 persen saja," kata Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Erwin Syafrizal. ''Padahal, pada hari-hari biasa saja jumlah pelayaran dari Batam ke berbagai tujuan mencapai 23 trip.''

Pada hari pertama Lebaran, penumpang dari Batam berjumlah 1.948 penumpang. Sedangkan, penumpang yang tiba di Batam sebanyak 910 penumpang.

Erwin mengatakan bahwa hal serupa diperkirakan masih akan terjadi pada Kamis (1/9) ini. Karena, warga masyarakat umumnya masih merayakan Lebaran dan belum banyak yang bepergian.

"Kemungkinan arus balik akan mulai nampak pada Jumat dan akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu dan Minggu," tambah dia.

 

Terpopuler