Wisatawan Padati Pantai Palabuhanratu

Red: cr01

Rabu 31 Aug 2011 21:03 WIB

Pantai Palabuhanratu Sukabumi, Jawa Barat. Foto: almatuq.net Pantai Palabuhanratu Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMi – Ratusan wisatawan yang datang dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor dan kota terdekat mulai memadati pantai-pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di hari pertama lebaran 2011, Rabu (31/8).

Dari informasi penjaga tiket masuk ke objek wisata, hari pertama lebaran ini wisatawan yang datang ke objek wisata masih didominasi oleh warga lokal Sukabumi, walaupun sudah ada wisatawan dari luar kota tetapi jumlahnya masih minim.

"Sudah ratusan wisatawan yang datang ke Palabuhanratu, tetapi jumlah ini masih sedikit. Kami prediksi pelonjakan jumlah wisatawan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu mendatang," kata Ridwan, seorang penjaga pintu masuk ke objek wisata Palabuhanratu.

Sementara itu, Ketua Badan Search and Rescue Daerah (Basarda) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri Assidiqie, mengatakan di beberapa lokasi pantai, seperti Pantai Citepus dan Karanghawu jumlah wisatawan sudah cukup banyak. "Kami sudah menugaskan puluhan anggota kami untuk berjaga menjaga keamanan wisatawan untuk mengantisipasi kecelakaan," kata Okih.

Lebih lanjut, kata dia, sampai saat ini belum ada laporan ada wisatawan yang terseret arus atau tenggelam. Pihaknya berharap tidak ada korban akibat kecelakaan laut yang menimpa wisatawan. "Penjagaan kami tingkatkan di sepanjang pantai," tambahnya.

Di tempat yang sama, seorang wisatawan asal Tangerang, Hendrik Effendi, menyatakan dirinya sengaja datang ke Palabuharatu pada hari pertama lebaran. Selain untuk berwisata bersama keluarganya juga datang untuk bersilaturahmi sama keluarganya yang ada di Palabuhanratu. "Setiap tahun kami selalu datang ke Palabuhanratu untuk merayakan lebaran dan berwisata," katanya saat ditemui di objek wisat laut di Pantai Cimaja.

Terpopuler