TMII Tawarkan 'Lebaran Pulang Kampung'

Red: cr01

Rabu 31 Aug 2011 19:41 WIB

Sejumlah pengunjung bersantai di salah satu sudut Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Sejumlah pengunjung bersantai di salah satu sudut Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menawarkan rangkaian acara menyambut musim libur lebaran bertema "Lebaran di TMII Serasa Pulang Kampung".

"Menghadapi lebaran tahun ini kami telah menyiapkan berbagai program kegiatan untuk melayani masyarakat yang ingin berlibur. Dan tema yang diambil adalah 'Lebaran di TMII Serasa Pulang Kampung'," kata Manajer Informasi TMII, J Purnawijaya Alibasa, Rabu (31/8).

Pihaknya menyiapkan beragam acara selama pekan lebaran dari 30 Agustus sampai 11 September 2011. Kesenian yang digelar di TMII di antaranya Parade Tari Nusantara yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh provinsi Indonesia. "Parade ini memperebutkan Piala Tetap Menteri Kebudayaan dan Pariwisata serta Piala Bergilir Pemrakarsa TMII," jelas Alibasa.

Selain itu digelar atraksi kesenian rakyat meliputi debus, barong caplok, reog ponorogo, dan kuda lumping. TMII juga menawarkan pergelaran musik sambrah Betawi dan gambus, opera legenda keong emas, opera malam takbir, opera alisar dan jumuru, serta New Trio Macan dalam kisah Ramayana fantasi Jatasura.

Pergelaran lain adalah Nada dan Dakwah bersama Soneta Fans Club, Sendratari Asmara Tantra Ratna Manggali, gelar kesenian duta seni daerah, parade genderang belek NTB dan gendang tabuik Sumatera Barat.

Beberapa wahana yang ditawarkan hingga kini meliputi Museum Indonesia, Museum IPTEK, Museum Transportasi, Museum Telkom, Taman Renang Snowbay, Taman Burung, dan Taman Reptil. Selain itu, Taman Bunga Keong Emas, Taman Apotek Hidup, Taman Melati, serta Istana Anak-anak Indonesia. "Ada juga suguhan interaksi dalam permainan tradisional seperti balap egrang," tambah Alibasa.

Pihaknya memberlakukan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk dewasa.

Pada musim libur lebaran tahun ini pengelola memperkirakan TMII akan dikunjungi setidaknya 300.000 orang.

Terpopuler