Jalan Arteri Karawang Dibuka, Pemudik Sepeda Motor Dipersilahkan Lewat

Red: Didi Purwadi

Selasa 30 Aug 2011 07:50 WIB

Pemudik motor Foto: Antara Pemudik motor

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG - Petugas akhirnya membuka jalan arteri Karawang menuju jalur Pantura. Hal ini menyusul dibukanya jalur mudik khusus sepeda motor Johar-Cikalongsari pada Senin (29/8) menjelang tengah dini hari tadi.

Menurut sejumlah petugas, jalan arteri Karawang dibuka kembali karena sudah ada penurunan jumlah pemudik bersepeda motor sepanjang H-1 lebaran 2011 atau Hari raya Idul Fitri 1432 Hijriah. Jumlahnya menurun dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Dengan demikian, para pemudik bersepeda motor dari arah Jakarta menuju Cirebon bisa melintasi jalan arteri Karawang untuk menuju jalur Pantura setelah dibukanya jalan tersebut. Berdasarkan pantauan Antara pada Senin malam, para pemudik bersepeda motor arah jalur Pantura dan sekitarnya masih meramaikan sejumlah ruas jalan di Karawang. Umumnya, para pemudik itu tujuan Cirebon, Indramayu, Bandung, dan lain-lain.

Sementara itu, petugas polres Karawang pada H-3 lebaran atau Kamis (25/8) malam mengalihkan jalur pemudik bersepeda motor ke jalan Johar-Cikalongsari dari sebelumnya melintasi jalan arteri Karawang. Pengalihan tersebut dilakukan menyusul terjadinya kepadatan kendaraan di simpang Jomin menuju jalur Pantura pada H-3.

Sebelum dialihkan, ribuan pemudik yang melintasi jalan raya Ahmad Yani Karawang diberhentikan terlebih dahulu. Mereka mendapat penjelasan jalur yang akan dilalui. Dengan menggunakan kendaran roda empat, petugas dari Polres Karawang mengawal para pemudik bersepeda motor itu dalam melintasi jalur khusus sepeda motor, yakni melalui jalur Johar-Telagasari-Lemahabang-Cikalongsari.

Terpopuler