Arak Obor, Masyarakat Padang Takbiran Sambut Lebaran

Red: Didi Purwadi

Selasa 30 Aug 2011 06:40 WIB

Malam takbiran (ilustrasi) Foto: Republika/Yogi Ardhi Malam takbiran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG - Masyarakat di Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, yang merayakan Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah pada Selasa (30/8), terlihat menyalakan obor sambil mendengungkan takbir tanda datangnya 1 Syawal 1432 H.

Dari pantauan di tiga kabupaten dan kota di Sumbar, Senin (29/8) malam, memang terlihat banyak masyarakat yang mulai mengumandangkan takbiran sambil membawa obor. Obor kemudian diarak di sepanjang jalan di daerah masing-masing.

Menurut seorag warga bernama Agus, obor yang diarak di sepanjang jalan itu menandakan masyarakat menyambut Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah pada Selasa (30/8) ini. "Kami mengarak obor di sekitar jalan raya Padang - Bukittinggi ini untuk menyambut datangnya hari kemenangan Idul Fitri 1432 Hijriah," Kata Agus.

Di sepanjang jalan lintas Padang - Bukittingi hingga Payakumbuh, terdengar suara takbir yang berkumandang di berbagai Masjid serta Mushala di sepanjang jala lintas tersebut. Pada daerah lain seperti di Kota Payakumbuh, masyarakat mengarak obor dengan menumpang mobil bak terbuka sambil melafaskan takbir.

Terpopuler