Pemudik Masih Ramaikan Jalur Pantura Karawang-Subang

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Senin 29 Aug 2011 19:56 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Pemudik bersepeda motor dan berkendaraan pribadi masih meramaikan jalur Pantura wilayah Kabupaten Karawang-Subang, Jawa Barat, sepanjang H-1 lebaran 2011 atau Idul Fitri 1432 Hijriah, Senin (29/8).

Pantauan ANTARA pada Senin siang hingga sore, arus lalu lintas selepas gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, ramai lancar. Begitu juga kondisi arus lalullintas dari Simpang Jomin menuju jalur Pantura, sepanjang Senin siang hingga sore ramai lancar.

Tidak terjadi kepadatan kendaraan berarti di titik-titik rawan macet seperti yang terjadi selama arus mudik lebaran beberapa hari terakhir. Baik pemudik bersepeda motor maupun berkendara roda empat, pada H-1 lebaran bisa memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi selepas Simpang Jomin.

Arus lalu lintas hanya terganggu di beberapa titik seperti dari Pertigaan Mutiara menuju Simpang Jomin, sepanjang H-1 sempat terjadi antrean kendaraan menuju simpang Jomin hingga ke Pantura. Tetapi, kondisi itu tidak mengakibatkan kepadatan kendaraan yang berarti.

Para petugas yang biasa mengatur lalu lintas di sepanjang Pertigaan Mutiara ke Simpang Jomin hingga jalur Pantura juga nampak beristirahat di posko masing-masing. Sebab, kondisi arus lalu lintas sepanjang H-1 cenderung lancar.

Jalur mudik dari gerbang Tol Cikampek dan dari gerbang Tol Kalihurip, Dawuan, menuju jalur Pantura juga normal atau tidak ada pemberlakuan pengalihan arus lalu lintas.

Kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura melintasi jalan raya yang normal, yakni gerbang Tol Cikampek-Persimpangan Mutiara-By Pass Jomin-Simpang Jomin-Jalur Pantura Karawang.

Begitu juga dari gerbang Tol Kalihurip menuju jalur Pantura, diberlakukan secara normal atau tidak dialihkan terlebih dahulu ke jalan arteri Karawang.

"Kondisi arus lalu lintas dari Senin pagi sampai sore ini cukup lancar. Berbeda dengan arus mudik selama beberapa hari terakhir," kata Ace, seorang petugas di Posko Cikalongsari, Karawang, Senin.

Dikatakannya, puncak arus mudik diperkirakan sudah lewat, yakni pada H-3 atau Sabtu (27/8). Sebab, pada hari itu kendaraan pemudik, baik sepeda motor maupun mobil memadati jalur Pantura Karawang-Subang.

Bahkan pada hari itu juga kepadatan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan meluas hingga ke jalan arteri Karawang.