Jumlah Pemudik di Terminal Purabaya Mulai Berkurang

Rep: Nuraini/ Red: cr01

Ahad 28 Aug 2011 16:52 WIB

Seorang polwan anggota Sat Lantas Polrestabes Surabaya, membagikan brosur Sosialisasi Mudik Aman kepada penumpang bus di Terminal Purabaya Bungurasih Surabaya, Jatim, Jumat (26/8). Foto: Antara/Eric Ireng Seorang polwan anggota Sat Lantas Polrestabes Surabaya, membagikan brosur Sosialisasi Mudik Aman kepada penumpang bus di Terminal Purabaya Bungurasih Surabaya, Jatim, Jumat (26/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Pemudik yang menggunakan angkutan bus di Terminal Purabaya pada H-2 Lebaran telah berkurang dibandingkan hari sebelumnya. Penumpukan penumpang pun tidak terjadi.

Pada Ahad (28/8) hingga pukul 14.00 WIB, jumlah penumpang di Terminal Purabaya tercatat mencapai 41 ribu orang. Jumlah ini jauh berkurang dibandingkan hari sebelumnya atau H-3 yang mencapai 90 ribu penumpang. Kepala UPTD Terminal Purabaya, May Ronald, mengakui arus mudik telah lewat masa puncak. "Masa puncak arus mudik terjadi kemarin H-3," ujarnya, Ahad (28/8).

Penumpukan penumpang tidak terjadi pada H-2. Hal ini berbeda dengan H-3 di mana penumpukan penumpang terjadi khususnya yang bertujuan ke Yogyakarta dan daerah sekitarnya. "Penumpang Patas ekonomi sempat terhambat kemarin karena banyak pengemudi yang istirahat," katanya.

Meski demikian, penumpukan penumpang tersebut dapat diatasi dengan pengoperasian 20 bus tambahan. Untuk Ahad ini, bus tambahan tidak diberlakukan.  Menurut Ronald, masa puncak arus mudik di Terminal Purabaya berbeda dengan tahun lalu. Pada 2010, puncak arus mudik di Terminal Purabaya terjadi pada H-2. Saat itu, jumlah penumpang mencapai 93 ribu orang.

Jumlah penumpang di Terminal Purabaya diperkirakan terus berkurang pada H-1 Idul Fitri 1432 H. Hal itu diindikasikan dengan jumlah penumpang yang telah mendekati masa puncak pada H-3 kemarin.

Terpopuler