Persipan Shalat Ied di Masjid Istiqlal dan Al Azhar Rampung

Rep: C21/ Red: Johar Arif

Ahad 28 Aug 2011 00:08 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menyambut 1 Syawal 1432H mendatang, sejumlah masjid di Jakarta telah menyiapkan persiapan pelaksanaan teknis pelaksanaan shalat Ied, seperti dua masjid besar Al-Azhar dan Istiqlal. Kendati kemungkinan akan terdapat perbedaan hari raya tahun ini, masjid-masjid ini tetap mempersiapkan segala hal menyangkut pelaksanaan shalat Ied.

Masjid Al Azhar di Kebayoran Baru rencananya akan melaksanakan shalat Ied di lapangan masjid Al-Azhar pada tanggal 30 Agustus 2011. "Insyaallah setelah dikomunikasikan tanggal 30," ungkap Zaenal Arifin. Sementara di Istiqlal penetapan shalat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal, "penentuan kapan jatuh 1 Syawal menunggu pengumuman pemerintah," ujar Drs. H. Mubarok.

Persiapan yang dilakukan jelang pelaksanaan shalat Ied di masjid Al-Azhar telah rampung. Masjid Al-Azhar menyediakan lapangan di areal masjid hingga pelataran UAI untuk digunakan shalat Ied. "Masjid akan dikosongkan kecuali kalau turun hujan," ujar Zaenal Arifin, sekretaris panitia pelaksana Ramadhan dan Idul Fitri 1432H masjid Al-Azhar.

Sementara mengenai masalah keamanan, pihak masjid telah mengirimkan surat ke polres Kebayoran Baru untuk melakukan penutupan jalan yang akan digunakan dalam pelaksanaan shalat Ied. Masjid Al Azhar mengundang Hidayat Nur Wahid sebagai khotib dan Ahmad Chotib sebagai imam shalat Ied yang akan dilaksanakan pada pukul 7 pagi.

Di Istiqlal, shalat Ied juga akan dilaksanalan pukul 7 pagi. Drs. H. Hasanuddin Sinaga sebagai imam shalat dan Prof. Dr. H.M. Quraish Shibab sebagai khotib. Shalat Ied akan dilaksanakan dalam areal masjid mulai dari lantai dasar, lantai utama, plaza, mezzanine kanan dan kiri sampai lantai ke lima. Persiapan lain juga telah dilakukan dengan matang. Pihak masjid istiqlal memfasilitasi pintu masuk yang dilengkapi dengan security door untuk meminimalkan bawaan barang-barang jamaah yang layak masuk masjid. Fasilitas penunjang lain seperti toilet dan air wudhu, suplai listrik, petugas kebersihan, hingga pemadam kebakaran disiapkan.

Untuk mengantisipasi banyaknya jamaah yang mengikuti shalat Ied, pihak masjid menyiapkan lapangan yang telah diberi pelurus shaf agar semua jamaah yang datang bisa melaksanakan shalat Ied berjamaah.

Pihak masjid menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melaksanakan shalat ied di Istiqlal, ada 3 pintu yang akan dibuka yaitu Al Falah, Al Qudus, dan Ar Razaq. Untuk parkir kendaraan, semua jamaah masuk menggunakan pintu utama di depan Katedral dan bisa memarkir kendaraan di parkir timur. Pihak masjid menghimbau seluruh masyarakat untuk menghadiri dan melaksanakan shalat Ied 1432H di masjid-masjid. "Istiqlal mampu menampung jamaah hingga 200 ribu," ujar Mubarok, ketua badan pelaksana pengelola masjid Istiqlal.

Terpopuler