Arus Lalu Lintas Bandara Padat Merayap

Rep: Anita Puspitasari/ Red: cr01

Jumat 26 Aug 2011 16:43 WIB

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Foto: Republika/Prayogi Suasana di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, CENGKARENG – Arus lalu lintas di terminal Bandara Soekarno Hatta (Soeta) pada H-4, Jumat (26/5) padat merayap. Lokasi paling padat adalah pada jalur di depan terminal bandara.

Dari mulai melewati terminal 1A bandara hingga pintu keluar akses timur bandara, laju lalu lintas sangat padat. Banyaknya mobil pribadi yang baru keluar dari areal parkir membuat akses jalan di bandara macet.

Dari terminal 1A ke 1C yang jaraknya tak sampai 1 kilometer saja ditempuh hampir 15 menit. Jalur depan terminal 1 memang dilalui banyak kendaraan, selain dari kendaraan pribadi, taksi, bus juga ikut melewati. Seperti bus Damri yang memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk melewati terminal 1B ke 1C.

Selain banyaknya kendaraan yang melaju melewati terminal, pada jam-jam tertentu seperti pukul 16.00, penumpang ramai di terminal kedatangan. Orang-orang yang keluar dari terminal banyak yang menyeberang jalan dan memberhentikan bus atau taksi di depan terminal, sehingga kondisi jalanan semakin macet.

 

Kondisi arus lalu lintas kembali lancar setelah melewati terminal 2 (internasional). Hal tersebut dikarenakan sudah tidak ada lagi areal parkir mobil pribadi pada jalur tersebut.