Duh...Waktu Tempuh Simpang Jomin-Cikalongsari Tiga Jam

Red: Siwi Tri Puji B

Jumat 26 Aug 2011 10:34 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Waktu tempuh dari simpang Jomin ke jalur Pantura Cikalongsari, Kabupaten Karawang, membutuhkan waktu sekitar tiga sampai tiga setengah jam, sejak Kamis (25/8) malam hingga siang ini. Hal ini terjadi lantaran terjadinya kepadatan kendaraan pada jalur itu.

Dalam waktu tempuh normal kendaraan roda empat, dari simpang Jomin ke jalur Pantura Cikalongsari itu hanya satu setengah sampai dua jam. Tetapi akibat terjadi kepadatan kendaraan, waktu tempuhnya bertambah menjadi tiga sampai tiga setengah jam.

Kondisi tersebut terjadi akibat kepadatan kendaraan yang melintasi jalur itu sepanjang Kamis malam sampai Jumat pagi atau sepanjang H-5 hingga H-4 lebaran.

Kepadatan kendaraan itu sendiri mengakibatkan lalu lintas tersendat dan arus lalu lintas menjadi padat-merayap.

"Sudah hampir dua jam saya terjebak di jalur ini (jalur Pantura wilayah Karawang), tetapi harus bagaimana lagi selain menunggu lancar kembali," kata Jaja, salah seorang pemudik tujuan Kudus, Jawa Tengah, di Karawang, Jumat.

Kendaraan pemudik yang melintasi jalur Pantura wilayah Karawang sepanjang Kamis (25/8) malam hingga Jumat pagi "membludak", sehingga mengakibatkan kepadatan di sepanjang jalur utama mudik lebaran 2011 tersebut.

"Peningkatan kendaraan yang melintas sejak Kamis (25/8) malam sampai Jumat pagi sangat tinggi. Jumlahnya jauh berbeda dibandingkan dengan kendaraan yang melintas pada hari-hari sebelumnya," kata Petugas Pos Cikalongsari, Ade.

Dikatakannya, kepadatan kendaraan yang melintasi jalur Pantura Karawang itu sudah mulai terjadi sejak H-5 lebaran 2011 atau Kamis (25/8) malam, sekitar pukul 21.00-22.00 WIB. Kondisi tersebut terus berlangsung hingga Jumat pagi.

"Mungkin karena ada sejumlah perusahaan yang sudah meliburkan karyawannya sejak Kamis (25/8). Jadi, terjadi kepadatan," kata Ade yang juga anggota Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Karawang.

Kepadatan kendaraan sejak Kamis hingga Jumat pagi mengakibatkan arus lalu lintas jalur Pantura Karawang sepanjang sekitar 13 kilometer, dari simpang Jomin sampai Gamon (perbatasan Subang) padat merayap.

Begitu juga kondisi arus lalu lintas selepas gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, menuju pertigaan Mutiara, terjadi kepadatan kendaraan selama Kamis malam hingga Jumat pagi.