Pemudik Diminta Mewaspadai Jalan Bergelombang di Karawang

Red: Siwi Tri Puji B

Jumat 26 Aug 2011 10:30 WIB

Pemudik naik motor Foto: Republika/Edwin Pemudik naik motor

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Kapolres Karawang AKBP Merdisyam mengimbau agar para pemudik bersepeda motor mewaspadai jalur Johar-Cikalongsari di Kabupaten Karawang yang kondisinya bergelombang akibat penambalan jalan yang kurang sempurna atau akibat kelabilan tanah.

"Pemudik harus ekstra hati-hati. Selain kondisi jalan yang masih bergelombang, minimnya lampu penerang jalan umum di sepanjang jalur khusus sepeda motor itu juga perlu diwaspadai," kata Kapolres di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Ia menilai pada musim mudik lebaran 2011, jalur Johar-Cikalongsari sepanjang sekitar 45 kilometer masih kurang memadai untuk dijadikan sebagai jalur mudik.

Sebab, kata dia, jalur khusus sepeda motor wilayah Karawang tersebut belum terlalu menjamin keselamatan pemudik menyusul masih bergelombangnya jalan itu serta minimnya lampu penerang jalan umum.

Pantauan ANTARA, sejumlah titik jalur mudik khusus sepeda motor di wilayah Karawang, Jawa Barat, masih gelap akibat minimnya lampu penerangan jalan umum di sepanjang jalur itu.

Titik jalan raya Johar-Cikalongsari yang pada sisi kiri dan kanannya terdapat areal persawahan kondisinya masih cukup gelap. Bahkan ada jalan sekitar 1 kilometer yang gelap gulita pada jalur mudik khusus sepeda motor itu, karena tidak ada satupun lampu penerang di sepanjang jalan yang pada sisi kiri dan kanannya terdapat areal persawahan.

Untuk titik jalan raya Johar-Cikalongsari yang kondisinya terang ialah jalan yang pada sisi kiri dan kanan jalan terdapat pemukiman penduduk.

Kondisi itu terjadi karena pada titik itu cukup banyak masyarakat setempat yang memasang lampu di depan rumahnya masing-masing. Sehingga bisa menerangi jalan raya di depan rumah tersebut.