KA Rangkasbitung Dijaga Puluhan Brimob

Red: Djibril Muhammad

Jumat 26 Aug 2011 08:52 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK - Puluhan anggota Brigade Mobil atau Brimob gabungan dari Mabes Polri dan Polda Banten mengamankan jalur rel kereta api Rangkasbitung untuk pengamanan Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah.

Kepala Pos Pengamanan Stasiun KA Rangkasbitung, Ipda Budi Utama Sukmawijaya, Jumat (26/8), mengatakan, para anggota Brimob yang diterjunkan itu, selain pengamanan dalam sekitar stasiun juga mengawasi jalur kereta api Rangkasbitung.

Mereka mengawasi jalur KA dari Stasiun Rangkasbitung-Maja dan Rangkasbitung-Serang, kata Ipda Budi Utama. Pengawasan jalur KA dilakukan dengan sistem estafet hingga Jakarta. Pengamanan jalur KA tersebut untuk mengantisipasi tindakan kriminal dan terorisme serta sabotase.

"Semua personel Brimob yang ditugaskan di Stasiun KA Rangkasbitung dilengkapi senjata lengkap," katanya.

Ipda Budi Utama mengatakan, pihaknya tetap mewaspadai kemungkinan adanya tindakan kejahatan, sabotase dan terorisme, sehingga pengamanan Lebaran dilakukan secara maksimal untuk melayani masyarakat yang akan mudik.

Ancaman sabotase dan terorisme menjadi hal terpenting untuk dihindari selama lebaran di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. "Sesuai perintah pimpinan, memang jalur KA harus diawasi ekstra ketat untuk mencegah sabotase dan terorisme juga kasus pencurian dan pidana lainnya di lokasi penting itu," katanya.

Menurut dia, pasukan Brimob melakukan patroli pada malam hari untuk mencegah pencurian kabel sepur yang bisa membahayakan bagi keselamatan penumpang. Kasus tabrakan kereta api bisa disebabkan adanya kabel sepur yang tidak berfungsi akibat pencurian itu.

"Kami akan bertindak tegas terhadap pelaku pencurian kabel dan bisa dikenakan tindakan sabotase. Ini sudah sesuai instruksi pimpinan untuk mengamankan jalur mudik KA Rangkasbitung," tegasnya.

Kepala Stasiun KA Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Mamat Surohmat, mengatakan, pihaknya sangat mendukung pengamanan begitu ketat yang dilakukan aparat keamanan untuk memberikan rasa nyaman kepada pemudik yang menggunakan jasa angkutan KA.

Pengamanan di Stasiun Rangkasbitung, kata dia, dilakukan anggota Polres Lebak sebanyak 12 orang, Brimob Mabes 13, Brimob Polda Banten 13 orang dan petugas satuan pengamanan dalam stasiun 12 orang serta lima anggota TNI.

"Saya menjamin Lebaran 2011 relatif aman dan kondusif karena petugas selalu siaga saat kedatangan dan keberangkatan KA," ujarnya.

Terpopuler