Polres Karawang Alihkan Jalur Sepeda Motor ke Johar-Cikalongsari

Red: Krisman Purwoko

Jumat 26 Aug 2011 06:12 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG--Petugas Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akhirnya mengalihkan pemudik bersepeda motor ke jalan Johar-Cikalongsari pada Kamis malam pukul 21.55 WIB. Pengalihan tersebut, menyusul terjadinya kepadatan kendaraan di simpang Jomin menuju jalur Pantura.

Kegiatan pengalihan pemudik bersepeda motor ke jalur khusus sepeda motor itu dipimpin langsung Kapolres Karawang, AKBP Merdisyam bersama Wakapolres Karawang, Kompol Agus Sumartono. Sebelum dialihkan, ribuan pemudik yang melintasi jalan raya Ahmad Yani Karawang diberhentikan terlebih dahulu, untuk mendapat penjelasan jalur yang akan dilalui.

Dengan menggunakan kendaran roda empat, petugas dari Polres Karawang mengawal para pemudik bersepeda motor itu dalam melintasi jalur khusus sepeda motor, yakni melalui jalur Johar-Telagasari-Lemahabang-Cikalongsari. "Arus lalu lintas di simpang Jomin menuju jalur Pantura sudah sangat padat. Jadi pemudik bersepeda motor dialihkan ke jalur Johar-Cikalongsari yang sudah dipersiapkan sebagai jalur khusus sepeda motor," kata Kapolres.

Dikatakannya, jalur Johar-Cikalongsari itu hanya untuk dilalui sepeda motor. Sedangkan pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat tetap diarahkan ke jalan arteri Karawang (Tanjungpura-simpang Jomin).

Menurut dia, pengalihan jalur tersebut pada dasarnya bersifat sementara. Jika di Simpang Jomin kepadatannya sudah bisa diatasi, maka pemudik bersepeda motor akan dialihkan kembali ke jalan arteri Karawang.

Tetapi berdasarkan pengalaman selama arus mudik Lebaran tahun sebelumnya, setelah pemudik bersepeda motor dialihkan ke jalur Johar-Cikalongsari, kondisi itu akan terus berlangsung hingga H-1 Lebaran.