Kamera CCTV Tol Cikupa-Merak Mulai Dipasang

Red: Krisman Purwoko

Kamis 25 Aug 2011 12:45 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG--Guna memantau arus mudik kendaraan melalui Tol Cikupa hingga merak, PT Marga Mandala Sakti (MMS), operator tol Tangerang-Merak, tengah memasang kamera CCTV di sejumlah titik. Salah satunya, selepas gerbang tol Cikupa, tepatnya KM 39.

Dari pantauan tim mudik republika, Kamis (25/8), dua petugas MMS tengah memasang dua kamera CCTV. Kamera pertama diarahkan pada lajur menuju Jakarta. Kamera kedua diarahkan pada lajur menuju Merak.

Kamera tersebut diletakkan pada lampu penerang jalan berukuran 3.5 meter. Dengan posisi demikian, kamera dapat menjangkau area cukup luas, hingga 1 km.

Sementara, dari pantauan arus kendaraan, kondisinya tidak jauh berbeda saat tol Kebon Jeruk-Cikupa. Yang berbeda, kendaraan mulai didominasi truk besar. Namun masih terlihat kendaraan pribadi. Untuk bus reguler baru terlihat satu-dua.

Dengan kondisi lengang, pengemudi dapat membawa kendaraan dengan laju kecepatan 100 km/jam. Jarak antar kendaraan pun cukup aman dengan kecepatan tinggi.

Masih dari pantauan tim mudik, pada tempat peristirahatan di KM 42, mulai tampak terlihat papan pemberitahuan yang disampaikan kepada pengguna tol dengan membentangkan spanduk di setiap titik strategis, sehingga pengguna jalan mengetahui secara pasti, harus keluar pintu tol ketika terjadi antrean. Agung Sasongko

Terpopuler