Bank DKI Santuni 3.000 Anak Yatim

Rep: Palupi Annisa Auliani/ Red: cr01

Rabu 24 Aug 2011 21:12 WIB

Direktur Utama Bank DKI Eko Budiwiyono. Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Direktur Utama Bank DKI Eko Budiwiyono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mendekati lebaran, Bank DKI memberikan santunan kepada 3.000 anak yatim, Rabu (24/8). Santunan yang diberikan dari alokasi dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), mencapai Rp 900 juta.

“Ini merupakan bentuk syukur Bank DKI untuk pencapaian kinerja yang lebih baik," kata Direktur Bank DKI, Eko Budiwiyono, di sela pemberian santunan.

Setiap tahun, jumlah anak yatim di sekitar kantor Bank DKI yang mendapat santunan, terus bertambah. Pada 2008, misalnya, hanya seribu anak yatim yang mendapat santunan dari bank ini. Alokasi anggaran waktu itu pun hanya Rp 350 juta.

Berikutnya, pada 2009, jumlah anak yatim yang disantuni maupun alokasi anggarannya bertambah menjadi dua kali lipat, yaitu 2.000 anak yatim dengan anggaran Rp 700 juta. Pada 2010, jumlah anak yatim yang disantuni dan anggaran yang dialokasikan sama dengan 2009.

Secara simbolis, santunan diserahkan Eko bersama Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Bertepatan dengan hajatan buka bersama karyawan Bank DKI bersama anak yatim, di kantor pusat Bank DKI.

Program CSR untuk anak yatim ini, kata Eko, mendapatkan sumber dana dari zakat dan infak para karyawan. Selama ini, dana tersebut dikelola Unit Pengelola Zakat (UPZ) Bank DKI. Sementara teknis penyampaian santunan dilimpahkan kepada yayasan-yayasan pengelola anak yatim.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengapresiasi kegiatan buka bersama dan santunan yang diberikan bank ini. Dia pun berharap kinerja Bank DKI terus tumbuh, yang sekaligus akan semakin mendukung program-program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selain buka bersama anak yatim, selama Ramadhan juga ada kegiatan CSR lain yang digelar Bank DKI. Antara lain, penyerahan dana zakat, infak, dan sadaqah senilai Rp 200 juta ke BAZIS DKI Jakarta, pada 9 Agustus 2011. Bank ini juga membuka layanan pembayaran zakat, infak, dan sadaqah.

Untuk penyaluran ke BAZIS DKI Jakarta, masyarakat bisa menyetor melalui Bank DKI, ke nomor rekening 108.03.00099.2. Infak dan sadaqah juga bisa disalurkan melalui Bank DKI Syariah, ke nomor rekening 701.700333.1. Sedangkan zakat, bisa disalurkan pula melalui Bank DKI Syariah, ke nomor rekening 701.700.300.2. Zakat, infak, dan sadaqah, juga bisa dibayarkan melalui fitur yang tersedia di mesin ATM Bank DKI.

Terpopuler