LSM Inggris Buka Puasa Bersama dengan 1.310 Yatim

Red: Djibril Muhammad

Rabu 24 Aug 2011 10:39 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Lembaga swadaya masyarakat (LSM) internasional 'Muslim Aid' bergerak di bidang kemanusian yang berpusat di London, Inggris, menggelar acara buka bersama dengan 1.310 anak yatim di Padang, Sumatera Barat.

"Buka puasa digelar mulai 15-26 Agustus 2011 bersama anak yatim dan kaum dhuafa melibatkan 1.310 peserta di 11 Panti Asuhan di Padang," kata Penanggung jawab Program Muslim Aid Padang, Acini Vransinatra di Padang, Rabu (24/8).

Ia menuturkan, program buka bersama tersebut sepenuhnya didanai dari sumbangan kaum Muslimin di Inggris yang menyalurkan bantuannya melalui Muslim Aid untuk didistribusikan ke negara-negara Muslim.

Ia menyebutkan 11 panti asuhan tersebut yaitu, Panti Muhammadiyah Limau Manis Pauh V, Panti Muhammadiyah Cabang Pauh, Panti Mentawai Gurun Lawas, Panti Darul Ma'arif dan Pantia Aisyiyah Cabang Nanggalo.

Kemudian Panti Al-Hidayah, Pesantren Almadani, Panti Asuhan Putra Bangsa Panti Puti Bungsu dan Panti Aisyiyah Daerah. Program buka bersama yang dilaksanakan bertujuan menyediakan makanan dan hidangan buka puasa yang bergizi kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Selain itu diharapkan dapat memberikan kebahagian dan kecerian kepada anak yatim dan kaum dhuafa yang sehari-hari menjalani hidup di panti asuhan. Ia mengatakan melalui program ini Muslim Aid ingin menumbuhkan kepedulian terhadap anak yatim dan kaum dhuafa dan fakir miskin yang membutuhkan perhatian kaum Muslimin.

Program buka bersama tersebut juga dilaksanakan di Provinsi Aceh dan Yogyakarta. Sejak memberikan bantuan kepada korban tsunami di Aceh tahun 2005, Muslim Aid terus melakukan kegiatan amal di Indonesia khususnya membantu korban bencana alam.

Selain itu, Muslim Aid juga telah selesaikan mengerjakan proyek penyediaan fasilitas air bersih untuk warga korban gempa di Malalak Selatan serta program pengurangan risiko bencana berbasis sekolah se-Kecamatan Malalak Kabupaten Agam.

Terpopuler