Jelang Lebaran, Permintaan Barang Elektronik di Jayapura Meningkat

Red: cr01

Senin 22 Aug 2011 08:24 WIB

Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Jayapura Foto: mw1.google.com Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Jayapura

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA – Beberapa hari menjelang Idul Fitri, permintaan sejumlah barang elektronik di Kota Jayapura mengalami peningkatan yang signifikan. Pantauan di sejumlah pasar tradisional kota Jayapura, berbagai barang elektronik mulai dari DVD player, sound system, radio, tape, dan televisi menjadi incaran konsumen.

Budiman salah seorang pedagang di eks pasar lama Abepura, Distrik Abepura, mengakui hal tersebut. "Beberapa hari terakhir permintaan DVD player dan televisi terus meningkat, dan naik dua kali lipat dari hari biasa," katanya, Senin (22/8).

Menurutnya, berbagai jenis barang elektronik sudah disediakan sejak awal Juli. Selain itu, berbagai macam kebutuhan barang untuk hiasan/pernak-pernik lebaran juga telah ada seperti gantungan ketupat, dan sejumlah hiasan rumah yang berciri khas lebaran. "Selain barang elektronik, ada juga pernak-pernaik lebaran," katanya.

Sedangkan Ruslan, salah seorang pedagang di pasar Youtefa, Distrik (kecamatan) Abepura, mengatakan persediaan berbagai jenis barang untuk lebaran telah didatangkan dari Makasar dan Surabaya sejak akhir Juli. "Selain televisi, kulkas, sound system, barang lainnnya untuk lebaran juga telah saya siapkan," katanya.

Ruslan sengaja mendatangkan barang-barang tersebut karena permintaan dari pelanggan dan konsumen mulai meningkat. "Stok barang dari lebaran tahun lalu tinggal sedikit, makanya saya pesankan dari luar untuk memenuhi permintaan," lanjutnya.

Harga televisi 15 inch hingga 21 inch mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 2 juta, sedangkan berbagai pernak-pernik lebaran mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per item.

Terpopuler