Sulit Jodoh

Red: Johar Arif

Kamis 18 Aug 2011 13:07 WIB

Ilustrasi Ilustrasi

Tanya:

Dear pak ustadz,

 

Ada hal yg saya tak mengerti soal kenapa saya sampai sekarang belum juga ketemu jodoh saya. Saya sih paham, jodoh, rejeki, maut, semua sudah ada aturan sendiri.

Saya masih single di usia kepala 3 ini. Padahal, pernah tak sengaja saya kepikiran, membandingkan hal-hal ringan misalnya, saya punya rekan kerja wanita sekantor. Bertahun-tahun saya kerja bareng dengan dia, saya tau persis, dia ga pernah sholat dan ga pernah puasa Ramadhan. Solatnya aja Cuma setahun sekali, pas lebaran Idul Fitri. Eh kenapa ada orang-orang yg spt itu, malah jodohnya enteng ya pak. Apa karena mereka berani tampil seksi dan genit sama laki-laki maka jodohnya cepat? Malah saya yang rajin solat dan puasa, ga dapat-dapat jodoh. Kenapa bisa gini ya pak? Mohon info

 

Warm Regards,

Dipi

Jawab:

Waalaikumussalam Wr. Wb.

Mbak Dipi, bersyukurlah anda masih bersemangat untuk menikah, karena nikah adalah ibadah dan syariat yang sangat ditekankan dalam Islam. Wanita salehah berusaha mengamalkan Islam secara kaffah (menyeluruh dan sempurna). Anda telah berusaha taat kepada Allah dengan di antaranya rajin menunaikan shalat dan puasa.

Berdasarkan al-A'raf ayat 96, dengan iman dan ketakwaan, orang pasti diberkahi Allah dengan berbagai keberkahan dari langit dan bumi dengan syarat tidak mendustakan sedikitpun firman Allah dan risalah-Nya. Harapan dan doa kita akan semakin segera dikabulkan Allah dengan memenuhi semua perkara yang mendukung jaminan terkabulnya, seperti adanya usaha nyata yang serius dan sungguh-sungguh untuk mencari jodoh bukan hanya menunggu datangnya jodoh. Jodoh yang baik diperoleh juga dengan cara yang baik, bukan dengan bergenit ria umpamanya. Orang tua menjadi orang andalan anda untuk mencari jodoh yang baik. Mintalah kepada keduanya untuk mencari informasi seluas-luasnya tentang lelaki yang menjadi idaman anda. Kemudian bisa juga lewat teman, guru, kerabat dan lain-lain sehingga jaringan informasinya lebih luas.

Kemudian buanglah dan lenyapkanlah dari diri anda semua yang dapat menghalangi doa dan harapan, seperti dosa dan maksiat, mengkonsumsi dan memakai yang haram dan lain-lain. Semoga dengan demikian anda segera mendapatkan jodoh yang terbaik, amin.

Ust. Dr. H. Tajuddin Pogo, MA

 

 

 

Rubrik tanya jawab Ramadhan ini diasuh oleh Ikatan Da'i Indonesia (Ikadi). Kirim pertanyaan Anda ke: [email protected]

 

 

Tag :

Terpopuler