Antisipasi Lonjakan,Tangerang Siagakan 700 Bus Mudik

Red: taufik rachman

Sabtu 13 Aug 2011 18:53 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG--Aparat Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Tangerang, Banten, bersama pengelola armada setempat menyiapkan sekitar 700 bus untuk mengantar pemudik ke kampung halaman masing-masing sebagai antisipasi adanya lonjakan penumpang.

"Sudah kami siapkan sekitar 700 bus sebagai antisipasi lonjakan untuk mudik Lebaran 2011," kata Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Tangerang, Gatot Suprijanto dihubungi Sabtu. Menurut dia, bus tersebut disiapkan di terminal terpadu Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, untuk melayani pemudik antar kota antar provinsi dan pemudik dalam provinsi.

Dia menambahkan pemudik tujuan luar Jawa seperti beberapa kota di Lampung, Bengkulu, Jambi dan Sumsel lebih banyak menggunakan bus terutama bagi pekerja pabrik akibat harga tiket pesawat mahal. Bahkan pekerja pabrik di wilayah ini juga menggunakan bus untuk mudik dengan tujuan Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan Bandung.

Dia mengatakan, pengelola armada sudah mempersiapkan angkutan untuk tujuan luar kota bila memang membutuhkan.

Namun bus yang hendak diberangkatkan tersebut sudah melalui tes kelayakan agar tidak mengalami kerusakan atau kecelakaan di jalan.

Sementara itu, Kepala Urusan Keamanan, Ketertiban dan Keindahan Terminal Poris Plawad Sukardi mengatakan diperkirakan ada peningkatan sekitar 20 hingga 30 persen penumpang mudik tahun 2011 bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Sukardi mengatakan prediksi puncak arus mudik menggunakan bus di Kota Tangerang terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran yakni dengan jumlah penumpang mencapai 10.369 pemudik.

Aparat Dinas Perhubungan Pemkot Tangerang membuka posko Lebaran 2011 di Terminal Poris Plawad untuk membantu pemudik yang membutuhkan pertolongan. Pada posko tersebut, katanya, juga disediakan tenaga medis, ambulan dan petugas mekanik yang memeriksa kelaikan kendaraan.

Terpopuler