Ramadhan Fair di Masjid Raya Pondok Indah

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: cr01

Kamis 11 Aug 2011 21:00 WIB

Masjid Raya Pondok Indah (MRPI). Foto: 2dheart.wordpress.com Masjid Raya Pondok Indah (MRPI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masjid Raya Pondok Indah (MRPI) menyelenggarakan Ramadhan Fair. Serangkaian acara digelar mulai dari workshop, lomba nasyid anak, fashion show, demo kreasi jilbab, buka puasa, shalat tarawih, tadarus, hingga iktikaf.

 

Shalat tarawih di masjid ini dilaksanakan delapan rakaat, disambung dengan witir tiga rakaat. Lalu tarawih dilanjutkan kembali hingga dua puluh rakaat kemudian ditutup witir kembali. "Jadi yang tarawih sebelas rakaat masih dapat witir berjamaah," ujar Ramli, pengurus MRPI.

Jamaah yang ikut tarawih bersama mencapai 1.000 orang setiap malam. Di waktu berbuka puasa, masjid ini dipadati hingga 500 orang. Acara berbuka di MRPI juga berlangsung meriah.

Bazar Jajanan Buka Puasa sudah terlaksana sejak awal Ramadhan. Puluhan pedagang turut berpartisipasi dalam bazar ini. Menurut Ramli, sebagai masjid transit, pengunjung masjid mayoritas karyawan kantor yang berlokasi di sekitar Pondok Indah. Mereka mulai datang sejak pukul lima sore dan pulang menjelang waktu tarawih.

Pengurus MRPI pun telah menyiapkan takjil untuk jamaah yang ingin berbuka. "Setiap hari setidaknya 600 paket disiapkan untuk para jamaah. MRPI juga tidak menutup kesempatan bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan makanan untuk berbuka," kata Ramli.

Di sepuluh hari terakhir Ramadhan akan diadakan iktikaf bersama. Di sela-sela waktu iktikaf, akan ada muhasabah yang diisi pemateri pilihan, salah satunya Dedy Mizwar.

Pada tanggal 20-30 Agustus juga akan diadakan Bazar Sahur. Acara ini dibuat agar masyarakat tidak susah mencari makanan sahur.

Terpopuler