Melalui Gerai Zakat, PKPU 'Jemput Bola' Kumpulkan Dana Muzaki di Mal

Rep: c20/ Red: Siwi Tri Puji B

Rabu 10 Aug 2011 13:05 WIB

Ilustrasi. Foto: . Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Pejaten - Selama bulan Ramadhan, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) melakukan 'jemput bola' untuk mengumpulkan dana zakat dari para muzaki. Mereka menyebar Gerai Zakat Center di berbagai titik keramaian di kota Jakarta.

Menurut EVi, penjaga gerai di mall Pejaten Village, di Jakarta ada 400 relawan yang menjaga gerai PKPU. Gerai Zakat Center PKPU disebar di mal-mal dan wilayah perkantoran di Jakarta.

Gerai Zakat Center ini bertujuan untuk mempermudah penerimaan dan penyaluran zakat, infak, dan sedekah. Hasilnya, cukup mengesankan, hingga hari ketujuh gerai PKPU di Pejaten Village telah menerima sekitar Rp 11 juta lebih dana ZIS dari donatur. "Tepatnya Rp  11.700.000," terang Evi.

Selain menerima dan menyalurkan ZIS, gerai zakat PKPU juga menerima konsultasi tentang zakat bagi donatur. "Biasanya donatur kesulitan untuk menghitung besaran zakat yng harus mereka keluarkan, dan kita bisa membantu menghitungnya," tambah Evi.

Gerai PKPU juga menyediakan kaleng menabung untuk anak yatim. Masyarakat bisa mengambil kaleng itu untuk memasukkan koin yang akan dikembalikan pada PKPU setelah kaleng itu penuh. "Hasil kaleng itu sepenuhnya untuk anak yatim, 1 kaleng untuk 1 anak yatim," terang Evi.

Terpopuler