Mau Mudik ke Sumatera Lewat Darat? Sebaiknya Pagi Hari

Red: Siwi Tri Puji B

Rabu 03 Aug 2011 09:38 WIB

Suasana di Pelabuhan Merak. Foto: seputarforex.com Suasana di Pelabuhan Merak.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, mengimbau kepada para pemudik untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada pagi sampai sore hari.

"Selama ini saat musim mudik berlangsung, pemudik di Pelabuhan Merak yang hendak menyeberang ke Bakauheni, Lampung melakukannya pada malam hari secara serentak," kata Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane, Rabu.

Ia menjelaskan, pemudik yang datang di Pelabuhan Merak, umumnya pada malam hari sampai subuh. "Karena datangnya secara bersamaan dan serempak, maka pada saat jam-jam tersebut terjadi penumpukan penumpang dan antrean kendaraan yang panjang," katanya.

Mestinya, pemudik yang datang dan hendak melanjutkan perjalanan ke sejumlah daerah tujuan di Sumatera dilakukan secara merata. "Pada jam-jam pagi sampai sore hari kondisi pelabuhan tidak begitu ramai, mestinya pemudik datang di saat pagi sampai sore, agar merata," katanya.

Apalagi mereka yang menyeberang ke Bakauheni adalah warga yang bukan pertama kali. Harusnya masyarakat bisa menyiasati dan membaca kondisi tersebut," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut La Mane, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada warga dengan memasang stiker di tempat-tempat umum, seperti terminal. "Dalam waktu dekat kami akan lakukan di Kota Tangerang, setelah itu di wilayah Jakarta dan sekitarnya," katanya.

Senada diungkapkan Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Zailis Anas bahwa sosialisasi akan segera dilakukan agar masyarakat mengetahui dan menyiasati mudik dilakukan pada pagi sampai sore hari, di mana kondisi pelabuhan Merak tidak begitu padat.

Terpopuler