Kondisi yang Merintangi Ibu Hamil Berpuasa

Red: Reiny Dwinanda

Selasa 07 May 2019 20:00 WIB

Ibu Hamil. Ilustrasi Foto: naturalhealthnews Ibu Hamil. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Tidak semua ibu hamil dapat berpuasa. Menurut dr Setya Dian Kartika SpOG, ibu hamil yang tidak sehat atau mengalami mual dan muntah yang berlebihan (hiperemesis gravidarum) tak direkomendasikan untuk berpuasa.

"Boleh berpuasa asalkan pastikan kondisi ibu dan janin sehat serta tidak sedang mengalami mual muntah yang parah," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang praktik di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, Selasa.

Baca Juga

Menurut Setya, ibu hamil dengan usia kehamilan yang masih sangat muda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila ingin berpuasa. Dengan begitu, ibu dapat memastikan keadaannya dan janin dalam kondisi baik.

Setya mengungkapkan, ibu hamil kurang dianjurkan berpuasa apabila janin yang dikandungnya berukuran kecil. Sebab, janin membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk bisa tumbuh.

"Puasa bagi ibu hamil kurang dianjurkan bagi yang janinnya berukuran kecil atau mengalami kondisi intrauterine growth restriction," katanya.

Setya mengingatkan agar ibu hamil yang ingin berpuasa memerhatikan asupan makanan dengan gizi seimbang. Makan sahur dan berbuka harus bergizi seimbang sehingga kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

"Selain itu, saat sahur dan berbuka, ibu hamil perlu mengonsumsi lebih banyak air putih agar tidak dehidrasi," kata Setya yang juga praktik di RS Ananda Purwokerto.