Libur Lebaran, Pengunjung Ancol Tembus 655 Ribu Orang

Rep: Rr. Laeny Sulistywati/ Red: Heri Ruslan

Sabtu 25 Aug 2012 21:42 WIB

Ribuan warga memadati Pantai Ancol, Jakarta Utara, Ahad (25/12), untuk mengisi waktu liburan cuti bersama Natal 2011. (Aditya Pradana Putra) Ribuan warga memadati Pantai Ancol, Jakarta Utara, Ahad (25/12), untuk mengisi waktu liburan cuti bersama Natal 2011. (Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID,  ANCOL -- Sepanjang libur Lebaran 2012, Ancol dikunjungi 655 ribu wisatawan. Angka kunjungan ini meningkat delapan persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Manager Promosi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, pengelola Ancol Taman Impian, Ni Ketut Sofia Cakti mengatakan jumlah total pengunjung tempat ini belum termasuk pengunjung hari ini sampai jam 12 siang tadi.

"Data terbaru sampai dengan pukul 12 siang ini, ada sekitar 56 ribu pengujung ke tempat ini, jadi kalau ditambah maka jumlah pengunjung menjadi sekitar 711 ribu," kata dia kepada Republika, Sabtu (25/8).

Sofia mengatakan puncak tertinggi kunjungan ke tempat ini adalah hari kedua idul fitri atau Senin (20/8) lalu. Sedangkan jam tersibuk (peak hours) tempat ini yaitu pukul dua siang.

"Kami memprediksikan akan terus ramai hingga Ahad (2/9) mendatang," ujar Sofia.

Sofia mengatakan pihaknya menargetkan pengunjung sampai Ahad (2/9) mendatang yaitu sebanyak 1,1 juta orang.

Sofia mengatakan animo masyarakat untuk mengunjungi Ancol Taman Impian karena hari raya idul fitri ada tradisi untuk liburan, sehingga kebutuhan masyarakat untuk berwisata tinggi.

"Selain itu Ancol menyediakan wahana untuk semua keluarga atau kalangan berbagai umur, sampai jenis kelamin," ucap Sofia.

Sofia menambahkan, yang juga menjadi alasan lain adalah jam buka tempat ini yang lebih panjang selama libur idul fitri. Sofia berharap pengunjung dapat merasa senang ketika mengunjungi Ancol.