Hati-hati Berlibur di Pantai, Ada Ubur-ubur Menyerang

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Endah Hapsari

Kamis 23 Aug 2012 05:08 WIB

Ubur-ubur Foto: kagakribet.com Ubur-ubur

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Wisatawan musim lebaran yang berwisata ke obyek wisata pantai Laut Selatan Jawa Tengah, sepertinya harus lebih berhati-hati. Hal ini karena hewan sejenis ubur-ubur berbisa, mulai mendekati kawasan pantai. ''Sengatan hewan ini bisa cukup menyakitkan. Tapi tidak sampai mematikan,'' kata  petugas pengamanan wisata Pantai Teluk Penyu, Bagus Sumboro.

Dia menyebutkan, selama dua hari terakhir sedikitnya ada 14 wisatawan pantai Teluk Penyu yang diketahui telah disengat ubur-ubur. Pada Selasa (21/8), ada 10 wisatawan yang mendapat pengobatan, sedangkan pada Rabu (22/8) ada 4 orang.

''Jumlah itu adalah jumlah warga yang melapor dan meminta pengobatan. Kemungkinan ada juga pengunjung lain yang disengat ubur-ubur ini, namun tidak melapor karena akibat sengatan ini dinilai tidak terlalu menyakitkan,'' katanya.

Salah satu korban yang sampai pingsan akibat sengatan ubur-ubur ini, dialami oleh Tika (14), wisatawan asal Surabaya yang sedang mudik ke Purwokerto dan berwisata ke Pantai Teluk Penyu Cilacap, Selasa (21/8). Dari Pantai Teluk Penyu, dia dan keluarganya pergi ke Pantai Karang Bolong Pulau Nusakambangan yang berada di seberang Pantai Teluk Penyu.

''Ketika sedang berjalan-jalan di Pantai Karang Bolong yang berpasir putih, dia tiba-tiba menjerit dan kemudian jatuh pingsan. Seketika itu, keluarganya memanggil tukang perahu dan membawanya kembali ke Pantai Teluk Penyu,'' jelas Bagus.

Korban kemudian dibawa petugas, menuju ambulan yang disiagakan di pintu gerbang Pantai Teluk Penyu. Sesaat setelah mendapat pertolongan, korban akhirnya siuman.

Sengatan hewan yang oleh warga Cilacap disebut binatang Krawe itu, menurut Bambang, memang bisa menimbulkan rasa sakit luar biasa. ''Bagi orang tertentu, rasa sakitnya bisa sampai ulu hati hingga menyebabkan pingsan. Namun bagi orang lain, bisa juga hanya menimbulkan rasa panas dan sakit di sekitar bagian tubuh yang disengat,'' tambahnya.