Jelang Lebaran, Penyedia Jasa Penitipan Hewan Diserbu Warga

Red: cr01

Kamis 25 Aug 2011 20:52 WIB

 Salah satu tempat penitipan hewan. Foto: Antara Salah satu tempat penitipan hewan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Musim mudik sejumlah tempat penyedia jasa penitipan hewan peliharaan di Bandung mulai diserbu warga pemilik hewan.

"Peningkatan jumlah hewan peliharaan yang dititipkan itu diperkirakan puncaknya akan terjadi pada H-2 Idul Fitri 1432 Hijriah," kata Ade Wawan, karyawan toko "Zoom Petshop" di Bandung, Kamis (25/8).

Menurut Ade, jumlah pelanggan yang datang mulai meningkat sejak awal minggu ini. Bahkan pesanan kandang pun sudah dilakukan pelanggan sejak awal pekan lalu. "Menurut catatan terakhir, sudah ada 20 pelanggan yang 'booking' kandang untuk penitipan. Tambah lagi hewan yang sudah dititipkan sejak beberapa hari lalu," jelasnya.

Untuk hari ini saja, lanjut Ade, terdaftar sebanyak enam ekor kucing yang masuk ke penitipan. Waktu penitipannya pun berbeda-beda. Mulai dari jangka waktu lima hari, sepekan, bahkan ada pula yang menitipkan peliharaannya hingga dua bulan.

Menurut Ade, pihaknya akan terus menerima penitipan hingga mencapai target kapasitas 100 ekor. Tarif jasanya pun bervariasi. Untuk penitipan hewan, tarif yang berlaku adalah Rp 45.000/hari, sudah termasuk makan dan perawatan. "Tapi tarif tersebut belum termasuk mandi. Untuk mandi ada tarif khusus, sekitar Rp 45.000 hingga Rp 80.000 per ekor," ungkapnya.

Kenaikan yang sama juga terjadi untuk jasa pemandian hewan peliharaan. Hingga sore tadi, kata Ade, tercatat sebanyak 30 ekor kucing yang sudah mengantre untuk dimandikan, begitu juga anjing. Meski demikian, penjualan makanan hewan tidak mengalami kenaikan yang berarti. "Penjualan produk makanan tetap stabil, tidak naik tidak turun," pungkas Ade.