Saudi Sumbang Mushaf dan Kurma

Rep: C01/ Red: A.Syalaby Ichsan

Jumat 12 Jul 2013 06:14 WIB

 Jamaah membaca Alquran di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (10/7).  (Republika/Agung Supriyanto) Jamaah membaca Alquran di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (10/7). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang juga disebut sebagai Syahrul Quran (bulannya Alquran), Pemerintah Arab Saudi akan membagikan mushaf Alquran secara gratis kepada warga Indonesia.

Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi Ibrahim bin Sulaiman an-Nughaimsy mengatakan, jumlah mushaf Alquran yang akan dibagikan lebih dari 50 ribu eksemplar. Alquran tersebut langsung didatangkan dari percetakan mushaf al-Mujamma al-Malikul Fahd Lithibaatil Mushafi asy-syarif di Madinah. 

Selanjutnya, mushaf Alquran tersebut akan dibagikan di seluruh wilayah di Indonesia. Pada Ramadhan ini kita akan membagikan lebih dari 50 ribu mushaf Alquran ke seluruh wilayah Indonesia, kata Ibrahim di Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi Jakarta, Selasa (9/7).

Ibrahim mengatakan, pengiriman tersebut biasanya dilakukan dua kali dalam setahun. Pemerintah Saudi akan mengirimkan tahapan pertama di awal tahun Hijriyah dan tahap kedua di bulan Ramadhan.

Percetakan Alquran yang didirikan oleh Almarhum Raja Fahd tersebut akan membagikan secara gratis sebanyak 200 juta mushaf Alquran ke seluruh dunia.

Percetakan terbesar di dunia tersebut juga mencetak Alquran dengan terjemahan ke-44 bahasa di dunia dengan rincian 23 bahasa di Asia, 10 bahasa di Eropa, dan 11 bahasa di Afrika.

Selain pengiriman mushaf, Pemerintah Arab Saudi juga telah mendatangkan 400 ton kurma dari negeri Mereka. Kurma tersebut akan dibagikan ke seluruh penjuru nusantara sebagai hidangan takjil berbuka puasa.