Meningkat, Permintaan Terhadap Buku-buku Islam

Red: Taufik Rachman

Jumat 27 Jul 2012 13:26 WIB

 Pengunjung toko tengah memilih kitab suci Al Quran dan buku agama yang akan dibeli di los buku, Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (16/7).  (Aditya Pradana Putra/Republika) Pengunjung toko tengah memilih kitab suci Al Quran dan buku agama yang akan dibeli di los buku, Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (16/7). (Aditya Pradana Putra/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR--Pembeli buku-buku bertajuk Islami pada sejumlah toko buku di Makassar mengalami peningkatan sepanjang bulan suci Ramadhan.

"Rata-rata pembeli berminat pada buku tuntutan shalat, kisah nabi dan rasul hingga buku Alquran - Hadits," kata staf penjualan Toko Buku Palopo Ilmu Abd Haris di Makassar, Jumat.

Menurut dia, penjualan buku bertajuk Islami meningkat drastis selama Ramadhan. Sebagai gambaran, rata-rata per hari terjual 20 - 30 buah buku pada Ramadhan, sementara dalam kondisi stabil hanya terjual sekitar 10 buku per hari.

Hal senada dikemukakan staf penjualan Toko Buku Dunia Ilmu Santy di Makassar.

Dia mengatakan, selain buku-buku persiapan tahun ajaran baru yang laris, juga buku-buku Islami banyak diminati pembeli.

Kondisi serupa juga terjadi pada penjualan buku-buku Islami di Masjid Al-Markaz Al- Islami Jend M Jusuf, Makassar.

Menurut penjual buku Masjid Al-Markaz Mustamin, pengunjung yang beribadah di masjid biasanya menyempatkan diri untuk membeli buku-buku bertajuk Islami. Buku tersebut menjadi salah satu bahan bacaan sambil menunggu buka puasa.

"Dari pembelian buku-buku itu, rata-rata kami bisa mendapatkan omzet Rp250 ribu per hari, padahal pada hari-hari biasanya paling banyak mendapatkan Rp100 ribu per hari," katanya.