Badan Hisab dan Rukyat Amati Bulan Petang Ini

Red: M Irwan Ariefyanto

Kamis 19 Jul 2012 12:58 WIB

Bulan sabit terlihat saat posisi Bulan terhadap Bumi membentuk sudut tertentu terhadap garis Bumi -Matahari sehingga hanya sebagian permukaan Bulan yang disinari Matahari yang terlihat dari Bumi Foto: antara Bulan sabit terlihat saat posisi Bulan terhadap Bumi membentuk sudut tertentu terhadap garis Bumi -Matahari sehingga hanya sebagian permukaan Bulan yang disinari Matahari yang terlihat dari Bumi

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG -- Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kementerian Agama wilayah Sumatera Barat petang ini akan mulai melakukan rukyatul hilal atau melihat penampakan bulan baru dari kawasan Bukit Lampu, Padang, untuk menetapkan awal Ramadhan 1433 Hijriah.

"Rukyatul hilal akan dilaksanakan hari ini menjelang matahari terbenam di Bukit Lampu, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, sebagai acuan menetapkan jatuhnya 1 Ramadhan 1433 Hijriah," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Ismail Usman, di Padang, Kamis (19/7).

Bersama anggota BHR Sumatera Barat, Jamaris Amir, ia mengatakan petugas yang terdiri atas hakim pengadilan agama, akademisi, dan petugas Kementerian Agama akan melihat penampakan bulan sabit yang pertama muncul menggunakan teropong sekitar pukul 18.00 WIB.

Selanjutnya BHR akan melaporkan hasil rukyatul hilal ke Kementerian Agama di Jakarta agar bisa menjadi bahan masukan dalam sidang penetapan awal bulan Ramadhan.

Ismail menjelaskan, kalau dalam pengamatan petang ini bulan baru sudah terlihat maka awal Ramadhan akan jatuh pada 20 Juli namun jika tidak akan mulai 21 Juli.

Ia menjelaskan pula menurut hasil perhitungan atau hisab awal bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada 20 Juli.