Ramadhan Momentum Kebangkitan Umat Islam

Rep: Agung Sasongko/ Red: Karta Raharja Ucu

Selasa 17 Jul 2012 20:38 WIB

Tadarus Alquran di bulan Ramadhan Foto: Republika Tadarus Alquran di bulan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Umat Islam perlu menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dengan gegap gempita. Sebab, di bulan itu umat Islam akan mengalami momentum kebangkitan.

Ketua umum Ikatan Da'i Indonesia (IKADI), Satori Ismail mengungkap kebangkitan yang dimaksud adalah kebangkitan spiritual. Mengapa spiritual ini perlu dibangkitkan, sebab ruh dalam diri manusia tidak bisa jauh dari spiritual.

Ketika spiritual manusia dibangkitkan maka selanjutnya akan membangkitkan bagian yang lain. "Anda bayangkan, selama Ramadhan, anda sebenarnya dilatih untuk membangkitkan spiritual dalam diri. Semisal, Ramadhan membangkitkan orang yang siang hari hanya makan saja kini harus menahan rasa lapar dengan mengisi kegiatan positif," kata dia saat berbincang dengan ROL, Selasa (17/7).

Dalam konteks kebangsaan, kata dia, Ramadhan menjadi momentum membangkitkan rasa persatuan. "Kita tengah berada dalam perpecahan. Ramadhan menyatukan kita. Indah sekali ketika kita berpuasa serentak, tarawih bersama, membaca Alquran bersama dan kegiatan lain yang menunjukan kebersamaan," imbuh dia.

Karena itu, lanjut dia, mari tengadahkan tangan, berdoa kepada yang Maha Kuasa agar segala bentuk perpecahan hilang. "Mari kita niatkan diri untuk memperoleh keistimewaan Ramadhan dengan mengawalinya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT," pungkasnya.