Pemprov Sumbar Terbitkan Lima Seruan Ramadhan

Red: Hazliansyah

Selasa 17 Jul 2012 06:25 WIB

Malam bulan Ramadhan, ilustrasi Malam bulan Ramadhan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI, SUMBAR -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menerbitkan lima seruan Ramadhan 1433 Hijriah ditujukan kepada seluruh masyarakat di daerah itu dalam rangka menyambut kedatangan Bulan Puasa.

"Seruan berisi imbauan gubernur bersama DPRD agar pelaksanaan Ramadhan lebih kondusif dan maksimal," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Bukittinggi, Senin malam.

Ia menyampaikan hal itu pada rapat koordinasi gubernur dengan kepala daerah se-Sumatera Barat dengan tema Ketahanan Pangan dan Persiapan Ramadhan 1433 Hijriah, di Istana Bung Hatta. Seruan pertama berupa imbauan kepada masyarakat untuk membersihkan prasarana ibadah dan fasilitas umum di lingkungan masing-masing.

"Hal itu merupakan wujud rasa syukur dan kegembiraan menyambut datangnya Bulan Ramadhan," kata dia. Ia mengimbau masyarakat juga agar menjadikan Ramadhan sebagai momentum menjauhkan diri dari segala perbuatan maksiat dan dosa.

Ramadhan, katanya, juga waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan sosial budaya dengan menjalankan ibadah secara sungguh-sungguh. Ia juga mengajak masyarakat menjadikan Ramadhan sebagai bulan persaudaraan dengan meningkatkan silaturahim di antara sesama umat beragama di Sumatera Barat.

Selain itu, katanya, seluruh pengusaha restoran dan pemilik rumah makan dan usaha sejenis diminta agar dapat menghormati Ramadhan dengan tidak membuka usaha pada siang hari.

Pada Ramadhan 1433 Hijriah, Pemprov Sumbar telah menyiapkan 12 tim Ramadhan yang akan berkunjung ke 36 masjid di 18 kabupaten dan kota.