Foke Pastikan Harga Sembako Stabil Jelang Ramadhan

Red: Karta Raharja Ucu

Senin 16 Jul 2012 22:19 WIB

Sembako di pasar tradisional (Ilustrasi) Foto: infogress.com Sembako di pasar tradisional (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo memastikan jika harga sembilan bahan pokok (sembako) jelang Ramadhan, masih stabil. Kepastian itu didapat Fauzi saat mengunjungi Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (16/7).

Kunjungan pria yang akrab disapa Foke itu guna mengetahui ketersediaan dan perkembangan harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan. Dalam kesempatan itu, Foke sempat berbincang-bincang dengan sejumlah pedagang, di antaranya dengan pedagang bawang merah, sayur mayur dan pedagang bahan pokok.

"Hasil dialog dengan para pedagang hingga saat ini pasokan sejumlah kebutuhan pokok tidak terhambat, sehingga harga masih stabil," katanya.

Pun dengan suplai buah lokal juga sangat cukup. Untuk itu, Foke mengimbau agar warga Jakarta membeli buah lokal karena suplai dan harganya sangat stabil. Foke mengatakan, harga sayur mayur dan buah-buahan ini tidak serta merta naik. Sebab saat ini stok barang cukup melimpah dan petani atau pemilik kebun masih terus memanen.

"Kenaikan harga dimungkinkan terjadi pada minggu terakhir di bulan Ramadhan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri hingga H+3 Lebaran disebabkan saat itu pasokan akan mulai berkurang. Para pedagang maupun petani sudah sibuk memikirkan untuk persiapan Lebaran," ungkapnya.

Dirut PD Pasar Jaya, Djangga Lubis secara terpisah mengaku, harga sayur-sayuran dan buah lokal saat ini masih stabil.

Bahkan, sejumlah buah dan sayur yang mengalami penurunan harga. "Ketersediaan buah dan sayur beberapa bulan ke depan masih aman," paparnya.