Keluhan Umum Pemudik, Hipertensi

Red: Dewi Mardiani

Jumat 24 Aug 2012 09:08 WIB

Penderita Hipertensi (darah tinggi) sedang diperiksa tekanan darahnya, Ilustrasi Foto: Blogspot Penderita Hipertensi (darah tinggi) sedang diperiksa tekanan darahnya, Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesehatan dominan yang dikeluhkan para pemudik Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur. "Hingga saat ini yang paling banyak memang hipertensi yang dipengaruhi oleh keadaan diperjalanan yang memicu stres," kata Kepala Posko Kesehatan Terminal Bus Kampung Rambutan dr.Novandi saat menerima kunjungan Kasundinkes Jakarta Timur di Jakarta, kemarin.

Novandi menyebutkan terdapat sembilan pemudik yang mengeluhkan hipertensi dari jumlah keseluruhan pasien sejak H-1 Sabtu (18/8) hingga H+4 Kamis, yakni 23 pasien. Dia menyebutkan sebagian besar pasien merupakan pria yang berusia lebih dari 50 tahun.

"Sebetulnya penyakit hipertensi tersebut merupakan penyakit yang umumnya sudah lama diderita, namun karena kondisi perjalanan yang tidak stabil, panas dan berdesak-desakan, maka penyakit tersebut kambuh," katanya.

Disebutkan bahwa keluhan utama para pemudik adalah pusing. Saat diperiksa tekanan darahnya, tercatat lebih dari 140/80 mmHg. Selain dari kondisi perjalanan, Novandi juga menilai, kambuhnya penyakit hipertensi tersebut disebabkan karena makanan. "Jika makanannya salah, terutama hidangan Lebaran ini yang kebanyakan mengandung kolesterol bisa jadi menyebabkan hipertensinya kambuh," katanya.

Selain hipertensi, dia juga menyebutkan sakit pencernaan, seperti maag, sakit kepala, dan penyakit kulit yang sering dikeluhkan para pemudik. Menghadapi lonjakan penumpang pada arus balik Idul Fitri 2012, Novandi mengimbau agar para pemudik mempersiapkan waktu pemberangkatan dan kepulangan agar tidak terlalu bersamaan dengan orang-orang pada umumnya untuk menghindari stres.