Demi Dapatkan Tiket Kapal, Pemudik Rela Nginep di Pelabuhan

Red: Didi Purwadi

Jumat 17 Aug 2012 09:08 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Ratusan pemudik memilih menginap di pelabuhan feri Torobulu, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, untuk mengantre di loket tiket kapal lebih awal menuju Pelabuhan Tampo, Kabupaten Muna.

Dari pantauan di pelabuhan penyeberangan Torobulu pada Jumat, kendaraan roda empat dan roda dua sudah mulai antre merayap di kawasan parkir pelabuhan itu.

La Ode Armin, salah seorang penumpang tujuan Kabupten Muna, mengatakan dirinya sengaja memilih bermalam di Pelabuhan Torobulu dengan harapan lebih awal mendapatkan tiket penyeberangan daripada harus pagi berangkat dari Kendari.

"Pengalaman tahun lalu, bila berangkat pagi dari Kendari menuju Pelabuhan Torobula, para penumpang yang membawa kendaraan pribadi baru bisa mendapat tiket kapal pada sore bahkan malam hari," katanya.

Karena itu, kata dia, banyak pemudik memilih berangkat malam dari Kota Kendari kemudian bermalam dulu di Pelabuhan Torobulu agar tiket penyeberangan bisa diperoleh lebih awal. Petugas baru akan melayani penjualan tiket pada pukul 05.00 WITA atau satu jam sebelum kapal feri berangkat menuju Tampo.

Kepala UPTD Penyeberangan Pelabuhan Torobulu, Rusli Nyalla, membenarkan arus mudik lebaran mulai H-4 mulai meningkat. Ia mengatakan peningkatan arus mudik lebaran di Pelabuhan Torobulu mulai meningkat sejak H-8 dan H-7. Semua penumpang bisa terlayani pada hari itu juga dengan dua kapal yang disiapkan PT ASDP.