Pelayanan Stasiun Senen Lebih Baik dari Tahun Lalu

Red: Hazliansyah

Selasa 14 Aug 2012 21:59 WIB

Sejumlah calon penumpang menaiki kereta di Stasiun Senen, Jakarta pusat, Kamis (5/4). (Republika/Prayogi) Sejumlah calon penumpang menaiki kereta di Stasiun Senen, Jakarta pusat, Kamis (5/4). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengapresiasi pelayanan arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Gubernur mengatakan pelayanan di stasiun ini lebih baik dari tahun lalu.

"Pelayanan arus mudik yang disiapkan untuk lebaran tahun ini jauh lebih baik daripada tahun lalu, sehingga penumpang juga menjadi lebih nyaman," kata Fauzi di sela-sela kegiatannya ketika meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa.

Fauzi optimistis jika pelayanan stasiun terus-menerus menunjukkan peningkatan, maka masyarakat masih akan menjadikan kereta api sebagai pilihan transportasi favorit.

"Kalau kereta api dapat terus memberikan pelayanan yang baik, baik dekat ataupun jauh tujuannya, saya yakin transportasi ini bisa menjadi unggulan masyarakat," ujar Fauzi.

Selain itu, Fauzi juga memuji mekanisme yang diterapkan pengelola stasiun sebagaimana telah diinstruksikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada musim mudik lebaran 2012.

Seperti diketahui, PT KAI menerapkan sistem reservasi tiket yang baru, yaitu para pemudik hanya diperbolehkan berangkat jika identitas yang tertera pada tiket sesuai dengan identitas pemudik.

"Penerapan mekanisme yang seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan penumpang. Selain itu juga sekaligus dapat mengurangi calo tiket," kata Fauzi.

Di samping sistem reservasi tiket, PT KAI juga menerapkan sistem boarding pass seperti di bandara, yaitu hanya penumpang yang akan berangkat yang diperbolehkan masuk ke peron, sehingga kondisi peron lebih tertib.